oleh

Gait Pemilih Pemula, KPU Kendari Goes To School

Reporter : Kardin
Editor : Kang Upi

KENDARI – Guna meningkatkan partisipasi politik pemilih pemula, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari mulai menyasar sekolah-sekolah selalui program Goes To School.

Di SMKN 1 Kendari, KPU memberikan sosialisasi terhadap ratusan siswa terkait pentingnya pemilih pemula dalam penyaluran hak politiknya pada Pemilu 17 April 2019 mendatang.

Ketua KPU Kota Kendari, Jumwal Shaleh menuturkan, jumlah pemilih pemula di Kota Kendari terbilang besar yakni mencapai 30 persen jika dibandingkan melalui Daftar Pemilih Tetap Hasil Perubahan kedua (DPTHP-2) yang sebanyak 208.846 orang.

“Memang jumlah pemilih pemula kita ini cukup besar. Itu mencapai 30 persen,” terang Jumwal di acara Goes To School di SMKN 1 Kendari, Kamis (24/01/2019).

Olehnya itu katanya, dengan program Goes To School ke sekolah-sekolah dapat mencegah terjadinya Golput di masyarakat terutama di wilayah pemilih pemula.

“Kita juga sudah melantik Relawan Demokrasi. Itu juga untuk mencegah terjadinya Golput,” ujarnya.

Sementara itu, kata Jumwal, masih terdapatnya pemilih pemula yang belum memiliki KTP Elektronik membuat KPU Kendari segera akan berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) agar melakukan proses perekaman E-KTP di sekolah-sekolah termasuk di SMKN 1 Kendari.

“Ini memang sudah program KPU bekerja sama dengan Capil. Jadi Capil nantinya akan kunjungi sekolah-sekolah untuk melakukan perekaman,” ujarnya. (B)

Terkini