HEADLINE NEWSKAMPUSKendariMETRO KOTANEWSPENDIDIKANSULTRA

Gandeng Global Haltech Malaysia, IAIN Kendari Siap Bangun LPH

705
×

Gandeng Global Haltech Malaysia, IAIN Kendari Siap Bangun LPH

Sebarkan artikel ini
Rektor IAIN Kendari Faizah Binti Awad dan Noramin Bin Mohd Noor usai pendatangan Nota Kesepahaman. Foto: Humas IAIN Kendari

Reporter: Muh. Ardiansyah R
Editor: Kang Upi

KENDARI – Rektor IAIN Kendari Faizah Binti Awad dan Chairman Global Hatech Sdn Bhd Noramin Bin Mohd Noor menandatangani nota kesepahaman di Kantor Global Haltech, Kuala Lumpur.

Rektor IAIN Kendari, Faizah mengatakan kerjasama ini terkait dengan rencana pendirian Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) yang tengah digagas IAIN Kendari. Global Hatech sendiri merupakan kerjasama dengan salah satu lembaga halal science tersertifikasi ISO 17025 di Malaysia.

Dijelaskannya, untuk mendirikan LPH, IAIN Kendari harus memenuhi beberapa persyaratan antara lain memiliki kantor dan kelengkapan labotarium, terakreditasi BPJPH, memiliki auditor halal paling sedikit 3 orang, dan membangun kerjasama dengan lembaga pemeriksa halal lainnya.

“Kita sedang mempersiapkan fasilitas kantor dan kelengkapannya seperti dari SDM auditor halal dan laboratorium, target kita persyaratan pendirian LPH dapat terpenuhi dalam waktu dekat sehingga bisa segera beroperasi melayani penerbitan rekomendasi produk halal yang kemudian akan diteruskan kepada BPJPH untuk penerbitan sertifikat kehalalan sebuah produk,” ucapnya Rektor, Jumat, (6/12/2019).

Pendirian LPH sebagai perpanjangan tangan dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama. Pendirian LPH sendiri merupakan UU Nomor 33 tahun 2014 tentang jaminan produk halal yang mulai berlaku 17 Oktober 2019.  

Baca Juga :

Auditor Halal akan menjalankan tugas pemeriksaan dan pengkajian proses pengolahan, bahan baku produk, sistem penyembelihan, kondisi lokasi pengolahan produk, peralatan, ruang produksi serta ruang penyimpanan.

Keseluruhan tahapan tersebut harus dipastikan memenuhi unsur halal dan baik.  Hasil pengkajian Auditor halal akan menjadi dasar pemberian rekomendasi kehalalan produk.

Kerjasama IAIN Kendari dengan Global Haltech akan terus berlanjut dengan melaksanakan program pendampingan sampai memperoleh akreditasi ISO 17025 dari Badan Akreditasi Nasional.  

You cannot copy content of this page