oleh

Gandeng IPSI Sultra, Korem 143/HO Kendari Gelar Komsos Kreatif Kejuaraan Pencak Silat

-MILITER-60 dibaca

Redaksi

KENDARI – Korem 143/HO Kendari menggandeng Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk menggelar Komunikasi Sosial (Komsos) Kreatif Kejuaraan Pencak Silat.

Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 143/HO, Mayor Arm Sumarsono Kapenrem 143/HO dalam rilisnya Kamis 13 Agustus 2020 menjelaskan, kegiatan dibuka langsung Komandan Korem 143/HO Brigjen TNI Jannie Aldrin Siahaan.

Kejuaraan dibuka secara simbolis dengan penyerahan golok dari Komandan Korem 143/HO Brigjen TNI Jannie Aldrin Siahaan, S.E., M.B.A., kepada Bapak Idin selaku Ketua Wasit dan Juri Pencak Silat.

Kejuaraan yang digelar di Aula Sudirman Korem 143/HO Kendari ini sendiri diikuti 30 peserta yang terdiri dari 16 atlet putra dan 14 atlet putri.

Dalam sambutannya, Danrem 143/HO Brigjen TNI Jannie Aldrin Siahaan mengatakan, kegiatan bertema ‘Membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) Kreatif, Inovatif, dan Adaptif’ ini bertujuan mempererat silaturahmi antar perguruan Pencak Silat di Sultra serta membangkitkan gairah bakat – bakat muda.

“Bukan hanya sebagai ajang kompetisi, kegiatan ini juga untuk menggali potensi serta kemampuan para insan olahraga dan Seni Bela Diri Pencak Silat, sehingga bakat dan kemampuan yang dimiliki oleh para generasi muda dapat semakin dikembangkan serta upaya untuk memelihara kebudayaan Indonesia di Provinsi Sulawesi Tenggara,” terang Brigjen TNI Jannie

IPSI Sultra bersama Korem 143/HO

Dijelaskannya juga, sesuai tema kegiatan ini, Korem 143/HO bersama IPSI juga ingin menciptakan atlet – atlet baru yang bisa membawa nama harum Sultra serta menciptakan sumber daya manusia yang siap bersaing di masa datang.

“Dikaitkan situasi sekarang ini mari kita laksanakan semua sesuai dengan protokol kesehatan tentang Covid-19 dan kepada panitia laksanakan sesuai aturan dan kepada para peserta berikan kepercayaan kepada wasit sehingga semua kegiatan bisa berjalan dengan aman dan lancar, jaga profesionalitas dan jaga sportifitas,” tegas Brigjen TNI Jannie.

Kejuaraan yang digelar dalam waktu sehari ini mempertandingkan dua kelas yakni kelas seni tunggal putra dan kelas tunggal putri yang masing – masing kelas terbagi menjadi dua poll.

Dalam pelaksanaan kejuaraan ini sempat hadir meninjau pelaksanaan kegiatan yakni Ketua KONI Sultra, Agista Ariyani Ali Mazi yang bertepatan dengan kegiatan latihan menembak di Korem 143/HO.

Lebih jauh, untuk hasil Komsos Kreatif Kejuaraan Pencak Silat Korem 143/HO tahun 2020 keluar sebagai juara di masing – masing kelas pertandingan antara lain:

a). Juara kelas seni tunggal putra sbb :
– Juara 1 Arjun Kabir kontingen Ranting PD Mandonga nilai = 447 , Trophy + hadiah sebesar Rp. 1.500.000,-– Juara 2 Riswan kontingen Ranting Kemaraya nilai = 439, Tropy + hadiah sebesar Rp. 1.000.000,-
– Juara 3 Andri Daeng Masiki kontingen Kodim 1413/Btn nilai = 435, Tropy + hadiah sebesar Rp. 500.000,-
b). Juara kelas seni tunggal putri sbb :
– Juara 1 Mutiara Arsyilliah kontingen Kodim 1413/Btn nilai = 431, Trophy + hadiah sebesar Rp. 1.500.000,-
– Juara 2 Fadillah Nur Sabilah kontingen IPSI Kota Kendari nilai = 430, Thropy + hadiah sebesar Rp. 1.000.000,-
– Juara 3 April Dwi kontingen Kodim 1412/Klk nilai = 422, Tropy + hadiah sebesar Rp. 500.000,-

Kejuaraan Pencak Silat ditutup Kepala Staf Korem 143/HO Kolonel Inf. Tri Rana Subekti, S.Sos, M.M., yang menyampaikan ucapan terimakasih kepada Danrem 143/HO kepada Pengprov IPSI Sultra serta menyampaikan apresiasi dari Ketua IPSI Pusat, Edy Prabowo .

Kejuaraan ini ditutup dengan penyerahan trophy dan uang pembinaan kepada para juara.

Turut hadir dalam penutupan tersebut, Kolonel Inf. Ardiansyah (Kasi Ops Kasrem 143/HO), Letkol Inf. Ahmad Hadi Hariono (Kasi Ter Kasrem 143/HO / Ketua Penyelenggara), H. Sahabudin (Ketua Pengprov Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia/IPSI Sultra), Para pengurus IPSI Prov. Sultra dan Para ofisial pencak silat se-Sultra.

Terkini