oleh

Gelar Kuliah Umum, Akademisi India: Mari Lanjutkan Studi di Bollywood

BAUBAU – Universitas Dayanu Iksanuddin (Unidayan) Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar kuliah umum di Baruga Laode Malim, Sabtu (23/12). Dalam kesempatan tersebut, hadir akademisi asal negara India, Dr Anish Koshy.

Anish Koshy menuturkan, lulusan mahasiswa Indonesia khususnya dari Unidayan yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan, dapat memilih negara India sebagai satu salah pilihan terbaik mengeyam pendidikan Strata 2 (S2) hingga Strata 3 (S3).

“Jika adik-adik mahasiswa Unidayan ingin melanjutkan pendidikan, silahkan pilih negeri Bolywood. Banyak jalur beasiswa di Universitas India yang dibuka, dan biaya kehidupan di India sangat murah,” kata Anish kepada wartawan, Sabtu (23/12).

Kata dia, negara asal artis terkenal, Sharuk Khan tersebut menyimpan banyak pengetahuan dan berbagai koleksi buku yang tersimpan di setiap perpustakaan Universitas yang ada di India.

“Suasana yang ditampilkan luar biasa, India layaknya Indonesia memiliki budaya, agama dan bahasa yang beragam. Masyarakatnya juga sangat bersahabat dan respek pada wisatawan asing, khususnya peserta didik yang melanjutkan studi di India,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia kuliah umum, Dinna Dayana Laode Malim mengatakan, pelaksanaan kuliah umum tersebut dihadiri seluruh perwakilan Fakultas yang ada di Unidayan.

“Yang paling antusias mengikuti kegiatan tersebut, salah satunya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan (FKIP) Bahasa Inggris,” ucap Dinna Dayana.

Selain itu, lanjut Dinna Dayana, pemateri membeberkan cara mendapat kesempatan dan trik melanjutkan jenjang S2 dan S3 di negara Hindustan tersebut.

“Kami ingin mahasiswa Unidayan tidak hanya berkarir di tingkat lokal dan nasional saja, tetapi mampu expansi go Internasional,” harapnya.

Dosen Fakultas Hukum tersebut menegaskan, kuliah umum sengaja diadakan sebagai motivasi agar mahasiswa mempunyai keinginan kuat untuk terus melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Utamanya adalah mahasiswa mampu membuat dan menciptakan kreativitas pencapaian hingga mengglobal,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Anish Koshy merupakan Deputy Chief Coordinator of ITEC Courses, The English and Foreign Language di University Hyderabad, India.

Reporter: Ardilan
Editor: Kardin

Terkini