FEATUREDKendari

Gelar Operasi Zebra Anoa 2017, Polda Sultra Turunkan 300 Personel

313
×

Gelar Operasi Zebra Anoa 2017, Polda Sultra Turunkan 300 Personel

Sebarkan artikel ini

KENDARI – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara siap menggelar Operasi Zebra Anoa 2017 pada awal November mendatang. Operasi lalu lintas tersebut rencananya akan gelar mulai 1 November hingga 14 November 2017 mendatang.

Kepala Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sultra, Kombes Pol Wisnu Putra mengatakan target Operasi Zebra Anoa 2017 adalah kelengkapan surat-surat kendaraan seperti Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

“Salah satu targetnya adalah kelengkapan surat – surat kendaraan seperti SIM dan STNK,” ucap Wisnu saat ditemui di ruangannya, Senin (30/10).

Selain itu, lanjut Wisnu, pengguna jalan yang melawan arus lalu lintas, kendaraan bak terbuka yang mengangkut bukan peruntukannya serta pengguna jalan yang melanggar batas kecepatan maksimum juga akan menjadi sasaran dari operasi ini.

“Pengendara yang melawan arus, mobil bak terbuka yang mengangkut hal-hal yang bukan peruntukannya, juga pengendara yang mengemudi melewati batas kecepatan maksimum juga akan kami tindak,” tambahnya.

Pihak Dirlantas Polda Sultra mengimbau kepada para orang tua agar tidak mengizinkan anak-anaknya yang belum cukup umur menggunakan kendaraan bermotor di jalan raya.

“Kami imbau kepada orang tua yang memiliki anak dibawah umur agak tidak mengizinkan putra-putrinya berkendara menggunakan kendaraan bermotor di jalan umum karena dapat membahayakan keselamatan jiwa mereka dan juga pengguna jalan lain. Secara fisik mungkin mereka siap, tapi secara psikologis belum karena usia anak-anak itu masih terlalu muda untuk berkendara,” pungkas Wisnu.

Untuk diketahui, Operasi Zebra Anoa 2017, selain melibatkan unsur kepolisian, juga akan melibatkan unsur-unsur lain seperti Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja, Kejaksaan, dan Polisi Militer.

Dari pihak kepolisian, Polda Sultra akan menerjunkan sebanyak 300 personel yang tersebar di 10 Polres dan 1 Polda yang ada di wilayah hukum Polda Sultra. Apel Siaga Operasi Zebra Anoa sendiri akan digelar pada Rabu (1/11/2017) di Markas Polda Sultra.

Liputan: Ronal Fajar

You cannot copy content of this page