KOTAKU

Gempa 2,8 SR Guncang Wilayah Kendari dan Konsel

334
×

Gempa 2,8 SR Guncang Wilayah Kendari dan Konsel

Sebarkan artikel ini
ist

Reporter: Taswin Tahang/Editor: Indi La’awu

KENDARI – Gempa bumi tektonik 2,8 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Kecamatan Ranomeeto Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Jumat, 15 Mei 2020, pukul 09:25:07 WITA,  di sebelah barat daya Kendari.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia menjelaskan guncangan gempabumi dilaporkan dirasakan di Kecamatan Baruga Kota Kendari, dan Kecamatan Ranomeeto Konsel.

“Episenter gempabumi terletak pada koordinat 4.04 LS, 122.50 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 16.1 km, Barat Daya Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), pada kedalaman 10 km,” jelasnya melalui release, Jumat 15 Mei 2020.

Hingga pukul 11:26  WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempabumi susulan, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Kendari di barat daya Kendari.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami,” ungkapnya.

Rosa juga imbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

You cannot copy content of this page