NEWS

Gempa Bumi 3.4 SR Guncang Konawe, Getaran Bikin Panik Warga Kendari

540

KENDARI, MEDIAKENDAI.COM – Gempa bumi mengguncang wilayah Kecamatan Sampara, Kabupaten Konawe, dan menciptakan kepanikan hingga ke Kota Kendari, Jumat, 17 Februari 2023, pukul 15:33:35 WITA.

Hasil Analisa Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kendari menyebutkan gempabumi dengan kekuatan M=3.4 ini berpusat di Timur Laut Sampara, pada jarak 0.9 Kilometer.

Baca Juga : Warga Korumba Keluhkan Knalpot Brong dan Penyalahgunaan Narkoba, Polda Sultra Beri Atensi Khusus

Dengan memperhatikan lokasi dan kedalaman, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal, di kedalaman 5 Kilometer.

Gempa dengan kekuatan skala III Modified Mercalli Intensity (MMI) ini akibat aktivitas Sesar Kendari, pada Segmen Utara di TimurLaut Sampara.

Hingga pukul 15.55 WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempabumi susulan. Hasil pemodelan juga menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tulis Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kendari, Rudin, S.T

Baca Juga : Rapat Koordinasi Dewan Pers, Menkominfo, dan Konstituen Ricuh

Masyarakat juga diminta menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa, serta memeriksa bangunan tempat tinggal.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” pungkasnya.

You cannot copy content of this page

You cannot print contents of this website.
Exit mobile version