NEWS

Gempa Bumi 3,6 M Guncang Kota Kendari, Monitoring BMKG Belum Ada Tanda Gempa Susulan

585
×

Gempa Bumi 3,6 M Guncang Kota Kendari, Monitoring BMKG Belum Ada Tanda Gempa Susulan

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi gempa Bumi

Penulis : Sardin.D

KENDARI – Pada Hari Rabu, 01 September 2021, pukul 15:50:35 WITA, di sebelah Tenggara Puuwatu, Kota Kendari diguncang gempabumi tektonik. Gempabumi ini berkekuatan M=3.6. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 3.97 LS, 122.47 BT, atau tepatnya berlokasi di Darat pada jarak 0.5 km, Tenggara Puuwatu, Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada kedalaman 5 km.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rudin, S.T mengatakan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Kendari segmen North di Tenggara Puuwatu, Kota Kendari.

Baca Juga: Bupati Konut Resmikan Sosialisasi dan Pengendalian Pembangunan Daerah

“Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di Kendari dan Puuwatu dengan Intensitas III – IV MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Getaran terasa seakan akan ada truk berlalu dan Jendela Kaca Bergetar),” ujarnya Rabu, 1 September 2021.

Lanjut Rudin menjelaskan Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.

“Hingga pukul 16.10 WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempabumi susulan,” jelasnya.

Selanjutnya Rudin menghimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” harapnya.

Baca Juga: Wali Kota Kendari Audience Dengan Donatif Peduli Indonesia

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG
yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg. http://www.bmkg.go.id/

You cannot copy content of this page