FEATUREDHEADLINE NEWSNASIONALPERISTIWA

Gempa Bumi Berkekuatan M=3.8 Guncang Konut

681
×

Gempa Bumi Berkekuatan M=3.8 Guncang Konut

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi. Net
Ilustrasi. Net

KENDARI – Gempa bumi tektonik kembali terjadi, kali ini mengguncang Kecamatan Sawa, Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), pada Rabu (3/10/2018) pagi, sekitar pukul 05.12 Wita. Walaupun cuma sebentar, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Kendari langsung bereaksi untuk mencari titik gempa, dan kekuatan gempa tersebut.Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi yang terjadi berkekuatan M = 3.8 Skala Richter dengan episenter pada koordinat 3.44 Lintang Selatan (LS) – 122.86 Bujur Timur (BT) sekitar 63.6 Kilo meter (Km) Timur Laut Kendari atau 81 km Timur Laut Wanggudu, pada kedalaman 11 Km.

“Berdasarkan laporan masyarakat menunjukkan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan dirasakan oleh masyarakat Sawa Kec. Sawa, Kab. Konawe Utara-Sulawesi Tenggara dalam skala intensitas II SIG BMKG,” terang Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia, melalui rilisnya, Rabu (3/10/2018).

Dikatakannya, ditinjau dari kedalamannya, gempa bumi tersebut merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Manui yang berada di sekitar Manui – Sulawesi Tengah. Sampai dengan saat laporan ini dibuat belum ada informasi adanya kerusakan akibat gempa bumi tersebut.

Terkait dengan peristiwa gempabumi di wilayah Timur Laut Kendari (81 km Timur Laut Wanggudu), hingga laporan ini disusun pada pukul 08.00 WITA, belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan,” terangnya.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat Sultra agar tetap tenang dan melakukan aktivitas seperti biasa. Karena gempa bumi yang terjadi di Kecamatan Sawa, Konut, tidak berpotensi tsunami.(b)

Reporter : Kardin.


You cannot copy content of this page