FEATUREDKendariPERISTIWA

Gempa Bumi Tektonik Mengguncang Konsel Berkekuatan M=2.1

319
×

Gempa Bumi Tektonik Mengguncang Konsel Berkekuatan M=2.1

Sebarkan artikel ini

KENDARI – Gempa bumi tektonik kembali terjadi, kali ini mengguncang wilayah Ranomeeto Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) pada Senin (05/11/2018), sekitar pukul 16.20 wita. Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa bumi yang terjadi berkekuatan M = 2.1 Skala Richter dengan episenter pada koordinat 4,18 Lintang Selatan (LS) – 122.47 Bujur Timur (BT) sekitar 29.5 Kilo Meter (Km) arah Barat Daya Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra) dengan kedalaman 5 Km.

“Berdasarkan laporan masyarakat menunjukan bahwa dampak gempa bumi berupa goncangan sedang dirasakan di wilayah Ranomeetoo, Pasar Baruga dan Lanud HLO (Konsel) dalam skala intensitas II MMI,” terang Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia, melalui rilisnya yang di terimah Mediakendari.com, Senin (05/11/2018).

Dikatakannya, ditinjau dari kedalamannya, gempa bumi tersebut merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Kendari di Wilayah barat daya Kendari – Sultra.

Daerah yang terkena goncangan gempa bumi dilaporkan dan dirasakan oleh sebagian orang. Hasil koordinasi hingga saat laporan ini dibuat belum ada informasi adanya kerusakan akibat gempa bumi tersebut.

Terkait dengan peristiwa gempa bumi di Konsel, Sultra, hingga laporan ini disusun pada pukul 16:56 wita, telah terjadi aktivitas gempa bumi susulan sebanyak tiga kali dengan kekuatan M = 1.6, 1.4, dan 1.4 di Wilayah yang sama.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat Sultra agar tetap tenang dan melakukan aktivitas seperti biasa. Karena gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Konsel tidak berpotensi tsunami.(a)

Reporter : Hendrik B


You cannot copy content of this page