NEWS

Gempa M 5,4 Guncang Buton dan Busel, Tidak Berpotensi Tsunami

628
×

Gempa M 5,4 Guncang Buton dan Busel, Tidak Berpotensi Tsunami

Sebarkan artikel ini
ilustasi

Reporter: Febi Purnasari

KENDARI – Gempa bumi berkekuatan atau dengan magnitudo 5,4 mengguncang Kabupaten Buton dan Buton Selatan, Jumat, 09 Oktober 2020. Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatelogi dan Geofisika (BMKG), gempa bumi terjadi pada pukul 09.57 WIB, yang berada pada kedalaman 10 Kilometer.

Hasil analisa BMKG menunjukkan episenter gempabumi terletak pada koordinat 5.99 LS dan 122.55 BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 44 km arah barat daya Kabupaten Buton Selatan.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas sesar Buton, gempa bumi ini juga tidak berpotensi tsunami.”kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, di Jakarta, dalam rilis resminya.

Rahmat juga menuturkan, hingga pukul 10.30 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktifitas gempabumi susulan. Adapun dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan yang dirasakan di wilayah Buton Selatan berupa Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan truk berlalu.

sementara itu, di wilayah Buton, getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

“Kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” pungkasnya.

You cannot copy content of this page