HEADLINE NEWSPERISTIWA

Gempa Tektonik 3.4 Kembali Guncang Kendari, BMKG Nyatakan Tak Berpotensi Tsunami

490
×

Gempa Tektonik 3.4 Kembali Guncang Kendari, BMKG Nyatakan Tak Berpotensi Tsunami

Sebarkan artikel ini
BMKG ShakeMap

Reporter : Hendrik

Editor : Taya

KENDARI – Gempa tektonik dengan magnitude 3,4 kembali mengguncang Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Rabu (27/2/2019) pukul 23.17.34 WITA setelah sebelumnya terjadi pada pukuk 18:08:02. Titik gempa berpusat di sebelah Barat Laut Kota Kendari.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia, S.Si dalam rilis yg diterima mediakendari.com menyebutkan hasil analisa BMKG, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 3.94 LS dan 122.61 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 2.2 km Barat Laut Kendari, Kota Kendari dengan kedalaman 10 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Kendari di Barat Laut Kota Kendari.

Baca Juga : Kota Kendari Diguncang Gempa Bumi Tektonik Berkuatan M = 3.6

Guncangan ini dilaporkan dirasakan di Kendari pada II-III MMI

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan gempa tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 23.25 WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempa susulan.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (inatews.bmkg.go.id atau www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.

Bagi masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.(a)

You cannot copy content of this page