NEWS

Giatkan Pembangunan, Bupati Surunuddin Prioritaskan Desa Terjauh di Konawe Selatan

618
×

Giatkan Pembangunan, Bupati Surunuddin Prioritaskan Desa Terjauh di Konawe Selatan

Sebarkan artikel ini

KONAWE SELATAN – Bupati Konawe Selatan H Surunuddin Dangga terus konsisten mendorong Desa-desa di wilayah teritorialnya untuk lebih maju dan berkembang sesuai dengan konsep Desa Maju Konsel Hebat.

Hal itu dibuktikan bupati konsel dua periode ini,saat mengunjungi satu persatu desa-desa yang terjauh yang ada di kecamatan Laonti, yakni Desa Cempedak dan Labuan Beropa. Kedua desa ini dianggap sebagai desa terluar.

Mantan ketua DPRD Konsel ini memastikan pihaknya akan lebih memberikan perhatian bagi desa-desa terjauh yang berada di wilayah perbatasan.

“Saya berharap kepada masyarakat desa-desa terluar jangan merasa terjauh dari pemerintah, kehadiran kami saat ini adalah bukti dari perhatian kami,” kata Surunuddin saat melakuakan dialog bersama masyarakat Cempedak. Rabu,13 Maret 2023.

Dalam dialog itu, Politisi Golkar ini menyampaikan dua pesan kepada pemerintah desa dan masyarakat, yaitu untuk selalu menjaga kesehatan dan meningkatkn pendidikan anak-anak.

“Pendidikan dan kesehatan ini sangat penting diera digitalisasi saat ini. Olehnya itu kita dituntuk untuk terus meningkatkan. Kita boleh dibilang terluar, namun kita tidak boleh tertinggal dari sisi pendidikan. Kita memang tinggal dilaut akan tetapi pemikiran kita tidak ketinggalan jaman,” pesan Surunuddin.

Dari audiensi itu, beberapa usulan masyarakat baik dari desa Cempedak dan Labuan Beropa langsung ditanggapi Bupati Surunuddin, bahkan beberapa permintaan warga terkait peningkatan fasilitas pendidikan, kesehatan, rumah ibadah dan infrastruktur jalan, jembatan. langsung di amini Bupati Surunuddin untuk segera di alokasikan anggaran pembanggunannya.

Pada kesempatan itu pula bupati bersama rombongan langsung melakukan pengecekan titik-titik lokasi dari pembangunan sarana dan prasarana masyarakat.

Surunuddin juga memerintahkan Kadis Perhubungan untuk segera menyurati perusahaan kapal yang selama ini meresahkan masyarakat Cempedak.

“Kemudian keluhan masyarakat terkait Aktivitas kapal yang melintas dengan kecepatan tinggi yang membuat gelombang ombak besar mengakibatkan kerusakan fasilitas -fasilitas bahkan merusak rumah warga bakal segera ditindaki,” tegas Surunuddin.

Begitupun saat berkunjung ke Desa Labuan Peropa, beberapa usulan dan permintaan masyarakat juga langsung diakomodir serta diberikan solusi oleh bupati Surunuddin. Seperti pembangunan pemukiman masyarakat, kejelasan tentang batas wilayah kawasan kemudian tambahan tenaga pengajar.

“Untuk kawasan pemukiman nanti saya agendakan kesini lagi untuk mengecek lokasi tersebut apakah layak atau tidak,” janji Surunuddin.

Kemudian terkait permintaan pembangunan pasar, Surunuddin perintahkan langsung camat untuk menyiapkan tempat kemudian fasilitas kesehatan, diperintahkan Dinkes untuk mengalokasikan anggaran pembangunan Puskesdes. Dan untuk bantuan mesjid, Surunuddin memberikan bantuan sebesar Rp 50 juta.

“Saya akan perintahkan Disperindag untuk menganggarkan,kecamatan Laonti ini merupakan PR saya untuk menuntaskan dari keterbelakangan,” ungkap Surunuddin.

Untuk diketahui dalam kunjungan tersebut Bupati Surunuddin menyerahkan bantuan Sembako kepada 487 kepala keluarga di dua desa tersebut.

Penulis:Erlin.

You cannot copy content of this page