WISATA

Gubernur Sultra Dorong OPD Ikut Kembangkan Wisata

343
×

Gubernur Sultra Dorong OPD Ikut Kembangkan Wisata

Sebarkan artikel ini
Plt Kadis Pariwisata Sultra, I Gede Panca. (Foto : Rahmat R)

Reporter: Rahmat R.

KENDARI – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi mendorong seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk bisa membantu perkembangan sektor pariwisata di Bumi Anoa.

Hal itu sebagaimana diungkapkan Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pariwisata (Dispar) Sultra I Gede Panca, bahwa gubernur mengarahkan untuk mendukung Pemerintah Pusat guna  mendorong wisata sebagai program nasional.

Apalagi lagi, kata Gede Panca, Sultra masuk 10 kawasan pariwisata nasional yang kini menjadi perhatian pemerintah pusat. Untuk itu, tiap OPD diharuskan menindaklanjuti gagasan tersebut.

“Para kepala OPD harus melakukan pertemuan guna membahas peran instansi dalam mendukung pariwisata kita di Sultra,” ungkapnya saat ditemui di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Ia menuturkan, semua pimpinan OPD dituntut aktif mengejar ketertinggalan dengan daerah wisata lainnya.”Para OPD harus berperan aktif. Dalam rapat semua sudah ada gambaran terkait peran masing-masing,” kata Panca.

Teknisnya, kata Gede Panca, setiap OPD harus memiliki program untuk mendukung pariwisata, khsususnya dari segi anggaran. Ia menyebut, gubernur saat ini fokus membangun pariwisata di Toronipa, serta Wakatobi.

“Kami sudah berikan jalur laut dari Toronipa – Labengki, Saponda laut – Sapoda darat – Pulau Hari – Wakatobi – Pasar Wajo – Baubau. Ini dilakukan agar wisatawan yang ke Sultra, meninggalkan kesan baik dan bisa datang berwisata lagi,” tutupnya.

You cannot copy content of this page