NEWS

Gubernur Sultra Lepas Kontingen Paralimpiade ke Papua

675
×

Gubernur Sultra Lepas Kontingen Paralimpiade ke Papua

Sebarkan artikel ini
Gubernur Sultra, Kontingen, Papua,

KENDARI – Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021 dijadwalkan akan dibuka Jumat, 5 November 2021 mendatang. Upacara pembukaan Peparnas direncanakan berlangsung di Stadion Mandala, Kota Jayapura dan bakal dihadiri Presiden Joko Widodo.

Sebagai tanda keikutsertaan Pemprov Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam kegiatan nasional untuk atlet difabel itu ditandai dengan upacara pelepasan oleh gubernur di rumah jabatan Gubernur, Senin 1 November 2021).

Acara pelepasan kontingen selain dihadiri Gubernur Ali Mazi bersama unsur forkopimda, pimpinan lembaga vertikal baik sipil maupun TNI/Polri, dan sejumlah pejabat tinggi pratama lingkup pemprov melepas 27 atlet paralimpiade Sultra dihadir juga Sekretaris Daerah Nur Endang Abbas sebagai ketua kontingen Sultra.

Gubernur mengungkapkan kegiatan tersebut merupakan keikutsertaan Sultra yang pertama kali dalam peparnas. Oleh karena itu, peparnas Papua hendaknya menjadi penting artinya dalam mengukur kemampuan dan memberi pengalaman kepada para atlet Sultra.

“Tentu kita berharap kepada atlet yang berlaga semoga dapat meraih prestasi cemerlang dan dapat membawa pulang medali sebanyak-banyaknya,” harap gubernur.

Dijelaskan, segala bentuk event olahraga nasional adalah ajang meningkatkan prestise bagi daerah. Oleh karena itu, pemerintah provinsi akan terus memperhatikan atlet yang akan memperjuangkan nama daerah. Pemerintah daerah berkomitmen akan terus memperhatikan pembinaan atlet-atlet olahraga di Sultra tanpa adanya diskriminasi.

Gubernur berpesan, selain sebagai ajang untuk meraih prestasi, ajang Peparnas juga sebagai sarana memperkuat semangat dan persaudaraan. Oleh karenanya, tetap jaga sikap saling menghormati dan menghargai serta saling mengapresiasi baik di dalam maupn di luar lapangan.

Sementara itu, Ketua NPCI Sultra Kafaruddin dalam laporannya menyampaikan, total 27 atlet tersebut akan berlaga pada lima cabang olahraga (cabor) dari 12 cabor yang dipertandingkan pada 62 nomor pertandingan.

Lima cabor tersebut masing-masing atletik (17 atlet dengan 51 nomor pertandingan), bulutangkis (tiga atlet dengan lima nomor pertandingan), renang (dua atlet dengan enam nomor pertandingan, tenis meja (dua atlet dengan empat nomor pertandingan), dan catur (dua atlet dengan empat nomor pertandingan).

Atlet paralimpiade ini terdiri dari tiga atlet tuna netra, tiga tuna rungu wicara, dan 21 atlet tuna daksa. Selain itu, mereka juga diperkuat dengan pendamping sebanyak 19 orang yang terdiri dari enam orang pelatih, tujuh official, dan enam tenaga pendukung. Pemberangkatan terdiri dari tiga gelombang masing-masing pada tanggal 2, 3, dan 5 November 2021.

Kafaruddin mengatakan, persiapan keberangkatan menuju Papua dilakukan melalui serangkaian kegiatan, yakni tahap rekrutmen dalam bentuk klasifikasi dan seleksi awal di daerah pada empat titik, yaitu Kota Baubau, Raha, Kolaka, dan Kota Kendari.

Selanjutnya, tahap pemusatan latihan yang berlangsung di Kendari selama 48 hari mulai tanggal 15 September sampai dengan 1 November 2021.

Setibannya di Papua, mereka akan menjalani klasifikasi dan keabsahan sebelum mulai bertanding yang dimulai 6 – 13 November 2021. Sebanyak 27 atlet Sultra merupakan bagian dari total 1.985 atlet dari 34 provinsi.

Mereka akan berlomba di 12 cabor dengan 602 nomor pertandingan, yakni angkat berat, atletik, boccia, bulu tangkis, catur, judo, menembak, panahan, renang, sepak bola Cerebral Palsy, tenis lapangan kursi roda, dan tenis meja.

Gubernur menambahkan pemprov bersama dengan KONI dan National Paralympic Committee of Indonesia (NPCI) Sultra, pemprov akan menggelar Pekan Paralimpik Provinsi (Peparprov) I di Kota Baubau tahun 2022 mendatang seusai pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov).

Kegiatan peparnas memang selalu beriringan dengan PON, dengan tuan rumah yang sama. Demikian juga di tingkat provinsi, setelah Porprov Sultra di Baubau digelar akan segera disusul dengan Peparprov I di kota yang sama.

“Kita butuh berbagai kejuaraan sebagai bagian dari sarana pembinaan atlet dan menciptakan atlet-atlet berbakat yang diharapkan dapat membawa nama harum daerah kita,” kata Gubernur.

Penulis : Sardin.D

You cannot copy content of this page