oleh

Gubernur Sultra Pesan Tiga Poin Penting Kepada Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu

-NEWS-359 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) menunjuk Kepala Biro Umum Sekjen Kemendagri, Asmawa Tosepu sebagai Pj Wali Kota Kendari.

Asmawa Tosepu pun dilantik langsung oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi pada, Senin (10/10/22) di rujab Gubernur Sultra.

Dalam sambutannya, Gubernur Sultra, Ali Mazi menyampaikan, ada tiga poin penting untuk Pj Wali Kota Kendari. Yang pertama, bahwa jabatan Pj Wali Kota adalah amanah dari Pemerintah dan Undang-Undang.

“Maka sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada Pemerintah dan Negara, saudara wajib menyampaikan laporan pelaksanaan tugas kepada Gubernur Sultra, selaku Wakil Pemerintah Pusat yang ditembuskan kepada Mendagri sekurang-kurangnya 3 bulan sekali,” katanya.

Selanjutnya, bahwa Pj Wali Kota sebagai PNS aktif, harus mampu mendorong para ASN lain di lingkungan kerjanya, untuk menjaga netralitasnya sebagai aparatur Pemerintahan dan tidak terlibat politik praktis, dalam kaitannya dengan penyelenggaraan pemilu 2024 yang akan datang.

“Selain itu, pastikan bahwa keberadaan saudara selaku Pj Wali Kota bukan untuk kelompok-kelompok tertentu, tetapi untuk semua masyarakat Kota Kendari, masyarakat Sultra,” jelas Ali Mazi.

Ia menerangkan, ketiga salah satu isu strategis dan aktual di negara saat ini adalah persoalan pengendalian inflasi nasional dan daerah.

“Kita patut berbangga karena Provinsi Sultra dan Kota Kendari, dinilai sebagai alah satu daerah tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota yang berhasil menekan inflasi di daerah dari bulan mei sampai dengan bulan agustus, lebih baik dari capaian nasional, sehingga Kementerian Keuangan RI Memberikan reward berupa dana insentif daerah (did), masing-masing sebesar Rp 10 milyar lebih,” bebernya.

Lanjut, terkait dengan itu, dirinya berharap kepada Pj Wali Kota bersama TPID Kota Kendari terus mempertahankan capaian tersebut, dengan tetap melakukan langkah-langkah strategis pengendalian inflasi sesuai arahan bapak Presiden RI, dan bapak Mendagri.

“Serta menteri-menteri terkait lainnya, agar Kota Kendari selalu berkontribusi positif dalam pengendalian inflasi di Sultra dan inflasi nasional, baik jangka pendek maupun jangka Panjang,” katanya.

Orang Nomor Satu di Sultra ini berharap Pj Wali Kota Kendari bisa memastikan Pemerintah dengan baik, dan selalu membangun komunikasi dengan mitra kerja. Untuk itu, ia meminta kepada Pj Wali Kota Kendari, kebijakan/program pembangunan daerah yang disusun dan ditetapkan bersama DPRD terharmonisasi dengan kebijakan Pemerintah Pusat dan Provinsi.

“Serta mengawal kebijakan nasional dan daerah, guna mengakselerasi kemajuan di semua sektor pembangunan, demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat dan daerah sultra, serta bangsa Indonesia tercinta,” tukasnya.

Reporter : Rahmat R