NEWS

Gubernur Sultra Salurkan Bantuan Kelompok Tani dan Peternak di Buton

1177
×

Gubernur Sultra Salurkan Bantuan Kelompok Tani dan Peternak di Buton

Sebarkan artikel ini
Gubernur Ali Mazi saat menyerahkan bantuan kepada masyarakat di Buton. (Foto: Rahmat R)

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi serahkan bantuan pada kelompok tani dan peternak di Kabupaten Buton, Selasa (28/01/2023).

Bantuan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) ini dianggarkan melalui Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanak) Sultra.

Gubernur Ali Mazi mengatakan, bantuan tersebut disalurkan kepada kelompok tani yang sudah disurvei belum lama.

“Jadi kita salurkan ini kepada masyarakat yang butuh. Semoga bisa dimanfaatkan dengan baik,” singkatnya.

Kepala Distanak Sultra, Dr La Ode Muhammad Rusdin Jaya saat di wawancarai di lokasi peresmian Terminal Tipe B Wasaga mengatakan pihaknya datang bersama beberapa kepala OPD mendampingi Gubernur dalam rangka kunjungan kerja di kabupaten Buton untuk memberikan bantuan kepada kelompok tani dan kelompok ternak.

Rusdin menambahkan, untuk bidang tanaman pangan pihaknya akan menyerahkan bantuan pengembangan kawasan kedelai seluas 733 hektare (ha) yang terdiri benih kedelai 36,650 kilogram (kg), pupuk NPK non subsidi 36,650 kg, pupuk hayati 2,199 liter dan pestisida/herbisida 733 liter. Untuk penerima bantuan tersebut dari poktan perintis Desa Wajah Jaya Kecamatan Lasalimu Selatan dengan ketua Siswoyo.

“Bantuan pengembangan kawasan padi kaya gizvbiofortifikasi seluas 100 ha yang terdiri benih padi sebanyak 2,500 kg, pupuk NPK non subsidi 10,000 kg, pupuk hayati 300 liter dan pembenah tanah organik 100 paket. Dengan penerima Poktan Kambonua Desa Benteng Kecamatan Lasalimu, Ketua Hartono,” ujarnya.

Rusdin membeberkan untuk bantuan pengembangan kawasan padi lahan kering dengan luas 100 ha yang terdiri dari benih padi4,000 kg, pupuk NPK non subsidi pestisida 10,000 kg dan pestisida 100 paket dengan penerima poktan sopongiro Desa Sumber Sari Kecamatan Siontapina dan Ketua Kateno.

“Bantuan benih jagung 300 ha dengan penerima poktan wakabente Desa Gunung Jaya Kecamatan Siontapina, Ketua La Dode. Power threserimesin perontok padi tiga unit dengan penerima poktan sriwijaya Desa Wajah Jaya Kecamatan Lasalimu Selatan, Ketua Jiono. Poktan gunung sari Desa Mabulugo Kecamatan Kapontori, Ketua Gede Aget. Poktan maju bersama Kelurahan Wakangka Kecamatan Kapontori, Ketua La Sirama,” ungkapnya.

“Kemudian bantuan rehabilitasi jaringan irigasi tersier tiga unit, Irigasi perpompaan satu paket, irigasi perpipaan satu paket dan embung pertanian dua unit. Semua diterima oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Buton,” ungkapnya.

Kata dia, khusus untuk bantuan ternak yakni sapi sebanyak 20 ekor, kambing 50 ekor yang diterima langsung Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Buton didampingi calon penerima kelompok ternak Toli Toli Jaya, La Aladi.

“Sementara untuk bantuan vaksin PMK sebanyak 14.500 dosis diterima oleh Dinas Pertanian Kabupaten Buton, dr Hewan Jusriati. Selanjutnya bantuan jalan usaha tani sepanjang 971 meter diterima oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Buton. Bantuan pupuk cair sebanyak 500 liter diterima oleh kepala dinas pertanian kabupaten buton. Dan untuk total bantuan yang tersebar di kabupaten Buton ini sekitar Rp2 miliar sampai Rp 3 miliar,” katanya.

Reporter: Rahmat R.

You cannot copy content of this page