Gubernur Sultra Serahkan DIPA dan TKD Kepada Bupati Konawe

NEWS178 dibaca

KONAWE – MEDIAKENDARI.COM: Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa (KSK) menerima dokumen Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer ke Daerah (TKD) Tahun Anggaran (TA) 2023.

DIPA dan TKD diserahkan langsung Gubernur Sultra, Ali Mazi dalam Rapat Koordinasi dan Evaluasi Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Pembangunan Wilayah Tahun 2022, Senin 5 Desember 2022.

Penyerahan ini disaksikan Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Shaleh dan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Sulawesi Tenggara, Syaiful.

Pada kesempatan tesebut, selain kepada Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa turut diserahkan juga kepada kepala daerah se Sultra dan KPA Satuan Kerja Lingkup Provinsi Sultra.

Gubernur Sultra, Ali Mazi dalam sambutannya menjelaskan, sesuai arahan Presiden RI pada Penyerahan DIPA, dan TKD TA 2023, APBN 2023 dirancang sebagai instrumen perlindungan sosial bagi masyarakat.

Selain tujuan tersebut, juga untuk terus mendorong kelanjutan pemulihan ekonomi nasional dan reformasi struktural.

Ali Mazi berharap, para bupati dan wakil bupati serta KPA satuan kerja terkait menggunakan alokasi TKDD tahun 2023 dengan baik dan secara benar.

“Sehingga dapat memberikan manfaat yang besar bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” terang Ali Mazi.

Dirinya juga meminta pemerintah kabupaten dan kota segera melaksanakan percepatan penyampaian persyaratan penyaluran TKDD agar bermanfaat bagi masyarakat.

Gubernur Sultra dua periode ini juga menegaskan, untuk mewujudkan tata kelola dana TKDD yang akuntabel dan tepat sasaran perlu adanya koordinasi dari semua pihak.

Koordinasi tersebut, utamanya dengan Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Sultra dan KPPN, dan antar organisasi perangkat daerah.

Dirinya juga meminta agar dana desa dioptimalisasikan untuk mendukung program pemulihan ekonomi dan akselerasi penanganan kemiskinan.

“Program BLT Desa dan program prioritas lainnya agar tetap dilanjutkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa di wilayah Sulawesi Tenggara,” ujar Ali Mazi.

Untuk informasi, belanja ABPN TA 2023 untuk Provinsi Sultra sebesar Rp.25,57 triliun, terdiri dari Belanja Kementerian/Lembaga sebesar Rp7,79 triliun dan Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) sebesar R17,78 triliun.