oleh

Guna Bersinergi dengan Pemda, Bupati Konsel Kukuhkan Pengurus PKK Kabupaten

ANDOOLO – Bupati Konawe Selatan (Konsel), Surunuddin Dangga, mengukuhkan Ketua dan Anggota Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Tingkat Kabupaten untuk masa bakti Periode 2016-2021 yang bertempat di Pendopo Rujab Bupati, Kamis (22/2/2018).

Pengukuhan dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Konsel selaku Dewan Pembina TP-PKK dengan Nomor 411.4/831 Tahun 2016 tentang Pembentukan TP-PKK. Sehingga didaulat sebagai Ketua, Hj Nurlin Surunuddin, dan masing-masing Wakil Ketua diantaranya Hj Arni Arsalim, Hj Ariati Sjarif, Hj Nurlita Irham, Hj Hasmawati Munawar, Hj Ety Ansar dan Hj Yoni Yokoyama.

Usai pengukuhan, Surunuddin dalam arahannya menyampaikan, agar ketua dan pengurus TP-PKK yang baru dilantik agar segera menyesuaikan diri dengan lingkungan dan menyusun program kerja yang akan dijalankan.

Suasana acara pembukaan kegiatan pengukuhan Pengurus PKK Kabupaten
Suasana acara pembukaan kegiatan pengukuhan Pengurus PKK Kabupaten. (Foto: Erlin)

“Pelajari hal-hal maupun aturan terkait pedoman kerja dalam melaksanakan program pokok PKK, misalnya Permendagri Nomor 1 Tahun 2013 tentang Pemberdayaan Masyarakat melalui gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga dan hasil Rakernas PKK yang setiap tahun selalu ada perkembangan,” ujar Surunuddin.

Ia juga mengatakan, seluruh pengurus TP-PKK menjadikan diri sebagai elemen yang selalu hadir di tengah masyarakat berupaya berperan aktif mendorong kader-kadernya membantu Pemda dalam memberdayakan masyarakat serta memajukan daerah.

“Bersinergi dengan Pemda sehingga dapat berkiprah secara optimal dalam melaksanakan tugas sesuai Visi gerakan PKK yakni menuju keluarga madani yang maju, mandiri, demokratif, partisipatif, dan sadar hukum dan ini sejalan dengan Visi Misi Pemda Konsel yaitu Desa Maju Konsel Hebat,” terangnya.

BACA JUGA: Bupati Konsel Gelar Sidak di Dua Dinas, Begini Reaksi Surunuddin

Surunuddin menambahkan, pemberdayaan masyarakat akan terwujud bila keluarga diberdayakan dengan mengupayakan fasilitasi non instruktif guna meningkatkan pengetahuan dan kemampuannya.

Hal tersebut sangatlah penting dikarenakan dapat menciptakan kemandirian keluarga yang juga bagian dari tugas mulia TP-PKK.

BACA JUGA: Desa Pekorea Wakili Koltim Ditingkat Provinsi dalam Ajang Lomba Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan

Tentunya lanjut Surunuddin dengan terus membimbing, memotivasi, membina TP-PKK Kecamatan, Desa beserta para kadernya sehingga lebih berdaya guna dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

“Oleh karena itu, saya berharap kepada TP-PKK yang baru dikukuhkan agar dapat mewujudkan Visi Misi gerakan PKK dan fokus melaksanakan 10 Program Pokoknya, seperti pemenuhan pangan sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga, keterampilan dan kesehatan dan lainnya, jika ini bisa dibudayakan maka PKK akan menjadi pilar yang kokoh sehingga berimbas terwujudnya masyarakat Konsel harmonis dan sejahtera,” tutupnya.[sg_popup id=”18″ event=”onload”][/sg_popup]

Reporter: Erlin
Editor: Kardin

Terkini