MUNA BARAT

Gunakan DD, Pemdes Wakoila Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur

220
×

Gunakan DD, Pemdes Wakoila Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur

Sebarkan artikel ini
Kepala Desa Wakoila Kecamatan Sawerigadi Kabupaten Muna Barat (Mubar), La Inda

Reporter: Jul Awal

LAWORO – Pemerintah Desa Wakoila Kecamatan Sawerigadi Kabupaten Muna Barat (Mubar) memprioritaskan Dana Desa (DD) untuk pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat.

Kepala Desa (Kades) Wakoila, La Inda menjelaskan, infrastruktur yang akan dibangun Pemdes Wakoila yakni gedung TPA/TPQ, bedah rumah milik warga miskin, dan Jamban untuk warga.

“Untuk program pemberdayaan akan diadakan mesin jahit serta pelatihannya,” terang La Inda dirumahnya, Selasa 17 Maret 2020.

Tidak hanya itu, dirinya juga berencana mengembangkan pertanian dengan menyediakan bantuan bibit jagung kuning dan cabai, untuk meningkatkan geliat ekonomi warga.

“Pemdes juga mendukung geliat ekonomi pertanian dengan memberikan fasilitas pertanian seperti bibit itu, karena sebagian besar mata pencaharian warga adalah petani sehingga saat musyawarah warga mengusulkan bibit,” ujarnya.

La Inda juga memprogramkan pencegahan stunting sebagai pelaksanaan program nasional, dengan mencegah kekurangan gizi buruk pada balita yang rentan terjadi di desa-desa.

“Kami memberikan vitamin ibu hamil dan makanan tambahan balita. Hal itu perlu untuk pencegahan penyakit gizi buruk pada anak. Selain itu, ada progran pemeriksaan kesehatan gratis untuk lansia,” ungkapnya.

Dijelaskannya juga, Pemdes dan BPD telah menyusun program tersebut dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa ( APBDes) tahun 2020 tinggal ditetapkan peraturan desa (perdes) nya.

“Insya Allah APBDes akan ditetapkan secepatnya agar progresnya segera dilaksanakan,” tutup mantan Panwas Desa Wakoila ini.

You cannot copy content of this page