FEATUREDKESEHATANKOLAKA TIMUR

Hadapi Akreditasi, Puskesmas Tirawuta Lakukan Pembenahan 

261
×

Hadapi Akreditasi, Puskesmas Tirawuta Lakukan Pembenahan 

Sebarkan artikel ini

TIRAWUTA – Puskesmas Tirawuta Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra), saat ini terus berbenah dalam rangka menghadapi Akreditasi. Sebab, Akreditasi tersebut merupakan salah satu persyaratan kredensial sebagai fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama yang bekerjasama dengan pihak BPJS setempat.

Puskesmas Tirawuta yang dipimpin oleh Sukono Ilham, S.Km kini terus berupaya menjadikan puskesmas yang ia pimpin sebagai puskesmas rawat inap yang mengedepankan pelayanan prima terhadap para pasien maupun terhadap sesama petugas.

“Dalam menghadapi akreditasi ini, banyak hal yang kami lakukan. Mulai dari pembenahan kantor, gedung rawat inap, dan masih banyak lagi,” jelas Sukono kepada media, Kamis (20/9/2018).

Adapun tujuan utama dari akreditasi Puskesmas kata dia, merupakan salah satu pembinaan peningkatan mutu, kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, sistem manajemen mutu, dan sistem penyelenggaraan pelayanan dan program, serta penerapan manajemen risiko, dan bukan sekedar penilaian untuk mendapatkan sertifikat akreditasi.

“Akreditasi ini bukan hanya sekedar penilaian yang hanya mendapatkan sertifikat akreditasi saja, melainkan bagaimana kita mampu menjadikan puskesmas sebagai pelayan kesehatan yang profesional,” ucapnya.

Sebagaimana diketahui, dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 71 Tahun 2013 tentang Pelayanan Kesehatan Pada Jaminan Kesehatan Nasional Pasal 6 ayat (2)

Olehnya itu, Sukono juga menyebutkan bahwa akreditasi puskesmas ada tiga kriteria penilaian kelompok pelayanan, yaitu kelompok administrasi manajemen, yang diuraikan dalam Bab I, II, dan III. Selanjutnya kelompok Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM), yang diuraikan dalam Bab IV, V, dan VI. Dan kelompok Upaya Kesehatan Perorangan atau Pelayanan Kesehatan yang diuraikan dalam bab VII, VIII, dan IX.

“Mudah-mudahan ke tiga kelompok penilaian ini kami semua tim puskesmas mampu menyelesaikannya. Sehingga proses akreditasi berjalan dengan lancar dan mendapat penilaian terbaik dari pusat,” harapnya.(a)


Laporan: Jaspin

You cannot copy content of this page