oleh

Hadapi Lomba Desa Tingkat Kabupaten, DPMD Koltim Gelar Rapat TEPDK

LALINGGATO – Dalam rangka menghadapi Lomba Desa Tingkat Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra), pada tanggal 04 hingga 12 April Tahun 2018 mendatang, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Koltim, menggelar rapat Tahapan Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (TEPDK), yang dipimpin langsung oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Desa, Eko Santoso Budiarto, di Aula Rapat Kantor DPMD, Selasa (27/03/2018).

Dalam rapat tersebut, selain membahas tentang perkembangan desa dan kelurahan, juga dibahas masalah tim-tim penilai lomba. Selain itu, jadwal lomba desa dan kelurahan pun juga telah ditetapkan dan disepakati.

Kepala Dinas DPMD Koltim Hanaruddin menjelaskan, tujuan dari pada dilaksanakanya rapat tersebut, selain untuk evaluasi perkembangan desa dan kelurahan, juga telah ditentukan siapa saja tim penilai lomba yang bakal menilai kegiatan tersebut.

“Jadwal lomba desa telah kami tentukan, yakni pada tanggal 04 hingga 12 April 2018 mendatang,” jelas Hanaruddin saat diwawancarai sejumlah media usai melaksanakan rapat.

Selain itu, tahapan evaluasi perkembangan desa dan kelurahan juga kami telah membagi jadwal. Diantaranya, evaluasi diri desa dan kelurahan yakni pada bulan Januari hingga minggu ketiga di bulan Februari 2018. Selanjutnya evaluasi desa dan kelurahan oleh kecamatan, yakni minggu keempat Februari sampai Maret 2018.

BACA JUGA: Kembangkan Kakao Organik, Bupati Koltim dan BI Resmikan Laboratorium Mini MA 11

Lanjutnya, evaluasi desa dan kelurahan oleh kabupaten, yakni pada minggu kedua hingga minggu keempat bulan APril 2018. Kemudian evaluasi desa dan kelurahan oleh provinsi, pada minggu kedua hingga minggu keempat pada bulan Mei 2018. Terakhir evaluasi desa dan kelurahan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), pada minggu kedua hingga minggu keempat bulan Juni 2018.

“Jadi tahapan jadwal lomba desa telah terstruktur. Mulai dari evaluasi lomba desa tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi, hingga lomba desa tingkat regional,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemerintahan Desa (Kabid Pemdes) Ahmad Handoko juga menambahkan, untuk jadwal lomba desa se-Koltim juga telah ditetapkan, yakni pada hari Rabu Tanggal 4 April 2018 akan dilaksanakan di Desa Inotu Kecamatan Lambandia dan Desa Iwoimea Jaya Kecamatan Aere.

Kemudian pada hari Kamis akan dilanjutkan di Desa Hakambololi Kecamatan Poli-Polia dan Desa Gunung Jaya Kecamatan Dangia. Selanjutnya Jumat di Desa Lalowura Kecamatan Loeya dan Kelurahan Ladongi Jaya Kecamatan Ladongi.

Kemudian hari Senin selanjutnya, akan dilaksanakan di Desa Keisio Kecamatan Lalolae dan Desa Simbune Kecamatan Tirawuta. Lanjut Selasa di Desa Ambapa Kecamatan Tinondo dan Kelurahan Inebenggi Kecamatan Mowewe, dan yang terakhir hari Rabu di Desa Alaaha Kecamatan Ueesi dan Desa Tawanga Kecamatan Uluiwoi.

“Jadi untuk penilaian lomba desa se-Koltim ini, akan dilaksanakan selama seminggu,” tutup Handoko.

Reporter: Jaspin
Editor: Kardin

Terkini