oleh

Halal Bihalal, Bupati Buton Utara Ingatkan Tugas Pemimpin

-BUTON UTARA, SULTRA-30 dibaca

Reporter: Safrudin Darma

Editor : Taya

BURUNGA – Bupati Buton Utara H. Abu Hasan mengingatkan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) tentang tugas pemimpin saat acara Halal Bihalal di pelataran kantor Sekretariat Daerah, Selasa (11/6/2019).

“Tugas kepemimpinan dalam islam sama dengan kepemimpinan kita dalam birokrasi. Dalam Islam ada dua tugas pemimpin yang pertama melindungi agama dan kedua adalah melindungi negara, pertanggungjawaban kita kepada negara. Itulah tugas bupati, tugas wakil bupati, tugas sekda dan tugas kita semua melindungi agama dan melindungi negara,”jelasnya dihadapan ratusan ASN yang mengikuti halal bihalal.

Orang nomor satu di Buton Utara ini menjelaskan tidak sempurna kepemimpinan seseorang jika tidak melindungi agama dan negara.

“Sekecil-kecilnya sholat berjamaah tapi itu tanggungjawab pemimpin”, sambungnya.

Abu Hasan menceritakan kisah Rasulullah SAW dalam memimpin misalnya Rasulullah tidak hanya piawai menginspeksi pasukan perang maupun saat perang, tetapi juga menginspeksi sahabatnya saat sholat berjamaah.

“Begitu pentingnya melindungi agama sehingga Rasulullah banyak memberikan contoh teladan bersama para sahabatnya.

Pada saat rendah Rasulullah SAW selalu memberikan teguran, tetapi juga pada saat yang tinggi pun juga ia memberikan ancaman dan sanksi kepada sahabatnya yang tidak loyal,”ujarnya.

Baca Juga :

Menurut Abu Hasan, dalam birokrasi jika ada ASN yang melanggar maka harus mendapat sanksi teguran hingga pada sanksi berat.

Abu Hasan berharap, ASN mampu bekerja dengan baik dengan memberi pelayanan yang baik pula kepada masyarakat.

“Selama kita menjadi ASN berikanlah yang terbaik sesuai dengan kemampuan dan kepercayaan yang diberikan kepada kita untuk negara maupun kepada Allah SWT,” harapnya. (b)

Terkini