oleh

Harapan Umar Arsal pada AMAN Pimpin Sultra 5 Tahun

JAKARTA – Usai dilantik pada 5 September 2018 di Istana Negara oleh Presiden RI, Joko Widodo, pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi- Lukman Abunawas (AMAN) mulai mendapat banyak masukan dari berbagai tokoh.

Anggota Komisi IV DPR RI dapil Sultra Umar Arsal misalnya, ia meminta kepada pasangan AMAN ini selama pasangan itu pimpin Sultra agar membuat program-program menarik.

Menurutnya, soal pembangunan selama masa Nur Alam-Saleh Lasata (NUSA) sangat nampak dan terbukti diberbagai sektor.

“Jadi pak Ali Mazi dan Lukman Abunawas ini haru memikirkan pembangunan baru,” ujarnya saat ditemui di awak Mediakendari.com di ruang kerjanya di DPR RI.

Kata politisi Partai Demokrat ini, paling tidak gubernur baru harus membuat program kerja memprioritaskan bagian yang penting seperti sarana-sarana olahraga.

“Supaya Sultra dapat menjadi tuan rumah Pekan Olah Raga Nasional (PON) nantinya,” ungkap pria dengan julukan UA ini.

Lebih lanjut, Sport central misalnya yang terintegrasi semua cabang olah raga yang bisa dimanfaatkan oleh publik.

“Kita kan punya tambang, ada ANTAM Masa tidak bisa dibantu, arena kita harus siap menjadi rumah PON. Agar nantinya saat atlet kita keluar kota ada pusat atau tempat latihannya yang terpusat,” terang anggota DPR RI dua periode ini.

Selain itu, ia meminta pada pasangan AMAN juga harus meprioritaskan seni budaya.

Sebab pembangunan SDM bidang senu budaya sangat perlu dalam mengangkat kultur budaya dan identitas Sultra itu sendiri.

“Perlu ada pembangunan SDM dan seni budaya. Eks MTQ itu perlu diberdayakan untuk pusat budaya dan kesenian atau ada museum yang bertaraf internasional. Jadi terkait budaya kalau ada museum yang bisa mencritakan soal Sultra yang terdiri dari berbagai suku ada Muna, Buton dan tolaki. Baik hal-hal yang peninggalan sejarah, itu luar biasa. Ini perlu didorong,” tukas UA.(a)


Reporter : Rahmat R

Terkini