oleh

Harga Cabai Makin Pedis

Karena kondisi cuaca komoditas cabai mengalami kenaikan harga dibandingkan hari bisanya. Hal ini disebabkan saat ini Sultra memasuki musim penghujan.

Pantuan harga yang dilakukan Mediakendari.com di Pasar Korem Mandonga Kota Kendari, komoditi cabai yakni cabai keriting sudah mencapai Rp 25 ribu per kg, cabai besar harganya mencapai Rp 25 per kilo dan cabai rawit Rp 80 ribu sampai Rp 120 ribu per kilogram.

“Kenaikan harga cabai karena dipengaruhi kondisi cuaca yang tidak bersahabat di Sultra, sudah memasuki musim hujan dimana dulunya harga cabai keriting dan cabai besar itu hanya Rp 20 ribu per kilogram, sedangkan cabai rawit normalnya itu hanya Rp 60 sampai Rp 80 ribu per kilogram,” kata Mama Unding salah satu pedagang cabai di Pasar Korem Mandonga, Jumat (07/12/2018).

Hal yang sama juga diungkapkan, Wa Duku salah satu pedagang cabai rawit di Pasar Korem Mandonga. Kelangkaan cabai rawit disebabkan oleh cuaca, jika sebelumnya pasokan cabai berasal dari Kabupaten Muna, untuk saat ini daerah tersebut tidak lagi memasok cabai.

“Jadi sekarang ambil cabai rawitnya dari Makassar dengan harga per kilogramnya itu Rp 100 ribu, saya jual kembali Rp 120 per kilogramnya tapi biasanya saya jual perliternya itu Rp 40,” ujur Wa Duku. (B)

Reporter: Ruslan

Terkini