NEWS

Harga Sembako di Baubau Stabil, Bawang dan Telur Sedikit Naik di awal 2022

924
×

Harga Sembako di Baubau Stabil, Bawang dan Telur Sedikit Naik di awal 2022

Sebarkan artikel ini
Harga Sembako di Baubau Stabil, Bawang dan Telur Sedikit Naik di Awal 2022.

BAUBAU – Hingga memasuki hari ketiga di minggu pertama Januari 2022, sejumlah harga kebutuhan pokok di pasar Kota Baubau masih dalam kondisi stabil atau belum ada kenaikan harga.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Baubau, La Ode Ali Hasan mengungkapkan, jenis sebako yang masih stabil harga jualnya yaitu beras, minyak goreng, gula dan beberapa jenis sembako lainnya.

“Seperti misalnya beras 788, masih dijual kisaran Rp11.600 perkilo. Gula pasir itu masih dijual seharga Rp16.000 perkilo dan kalau untuk minyak gorang merk bimoli, masih dijual Rp105.000 untuk ukuran lima liter,” kata Ali Hasan, Senin (03/01/2022).

Sementara untuk kebutuhan dapur yang mengalami kenaikan itu telur ayam. Dimana diminggu sebelumnya terjual seharga Rp56.000 perrak kini terjual seharga Rp58.000. Untuk bawang merah dari harga jual Rp27.000 perkilo, saat ini harga dipasaran mencapai Rp30.000, bawang putih dari harga Rp30.000 perkilo kini terjual seharga Rp35.000.

Kenaikan harga telur dan bawang itu kata Ali, disebabkan tingginya permintaan dari konsumen yang tidak diimbangi dengan jumlah stok yang ada di pasar, serta kurangnya suplai dari daerah luar.

“Untuk telur itu, selain dari Baubau juga didatangkan dari Makassar. Kalau bawang merah itu dari Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Makassar, sementara bawang putih itu didatangkan dari Surabaya. Banyak permintaan, sementara stok sedikit dan suplay dari daerah asal juga masih sangat terbatas,” ungkap Ali.

“Selain bawang dan telur, harga jual yang lain masih terpantau stabil, bahkan ada beberapa yang mengalami penurunan harga seperti cabe keriting dan tomat,” tambahnya menutup.

 

Penulis: Adhil

You cannot copy content of this page