NEWS

Hasil Pileg Bisa Menjadi Peluang Hugua Menuju Gubernur Sultra

520
×

Hasil Pileg Bisa Menjadi Peluang Hugua Menuju Gubernur Sultra

Sebarkan artikel ini

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Anggota DPR RI Dapil Sulawesi Tenggara (Sultra), Hugua mengatakan dirinya bakal maju kembali di pemilihan legislatif (Pileg) tahun 2024.

Namun, mantan Bupati Wakatobi dua periode itu mengaku hasil Pileg bisa menjadi peluang yang bakal menentukan peluang dirinya menuju ke kursi Gubernur Sultra.

“Jadi saya di DPR itu adalah rapor. Kalau suara saya bagus itu menjadi rapor partai untuk menentukan selanjutnya apakah saya akan tetap di DPR atau di dorong menjadi gubernur misalnya,” ungkapnya.

Dia melanjutkan suara di DPR akan dijadikan nilai elektabilitas yang tinggi, oleh sebab itu dia menyerahkan segala keputusan nanti pada partai.

“Jadi kali ini DPR itu rapor karena pasti akan mencari seseorang yang punya elektabilitas bagus. Jadi saya tergantung pada keputusan partai,” tutupnya.

Sementara itu, pengamat politik Sultra, Najib Husain mengungkapkan saat ini semua partai mensyaratkan agar sebelum maju di Pilkada harus maju di Pileg terlebih dahulu. Menurutnya, hal tersebut bisa menjadi modal untuk maju di Pilkada nantinya.

“Makanya semua orang kuat setiap partai didorong untuk maju di Pileg dulu kenapa harus dilakukan agar bisa memberikan dukungan suara partai politik. Sehingga 2024 itu di pileg bagaimana meningkatkan elektabilitas calon,” ungkapnya.

Ditanya soal Hugua yang bakal maju di Pileg nanti, Najib menilai Hugua telah menjalani semu tahapan baik menjadi bupati, wakil gubernur dan saat ini menjadi anggota DPR RI.

“Kalau kemudian dia berkeinginan menjadi calon gubernur itu sah-sah saja karena dia sudah menjalani semua proses, tinggal bagaimana menjaga suara konstituen kemarin untuk bisa terpilih lagi untuk 2024,” tutupnya.

Reporter: Dila Aidzin

You cannot copy content of this page