oleh

Hati Hati Ketika Melintasi Jalan Lintas Kabupaten antara Meluhu – Belalo!!!!

-FEATURED-102 dibaca

UNAAHA,MEDIAKENDARI. COM – Jalan di pegunungan Meluhu-Belalo terjadi penyempitan badan jalan akibat longsor.

Jalan lintas kabupaten yang menghubungkan Kabupaten Konawe dan Kabupaten Konawe Utara, rusak parah dan terancam putus akibat badan jalan mengalami longsor. Pemerintah dari dua kabupaten ini,  terkesan tidak ada kepeduliannya atas kondisi lalu lintas jalan tersebut.

Hujan yang turun beberapa hari pekan ini, menghantam badan jalan yang akhirnya jatuh kejurang.

Sukarman, Warga Kabupaten Konawe mengaku merasa prihatin dengan Kondisi jalan tersebut. Pasalnya, aktifitasnya sebagai penjual yang hampir setiap hari PP dari Konawe ke Konut mengantar jualannya mengawatirkan dengan kondisi jalan, selain jalan berkubang, jalanan juga hampir terputus akibat badan jalan jatuh kejurang pegunungan.

“Bagi yang melewati jalur Meluhu-Belalo, tolong berhati-hati karena dipegunungan sebelum perbatasan konawe – konut, longsor. Badan jalan hampir terputus pas dibagian tebing yang curam, ” ujar Sukarman, Minggu siang, (28/5/2017)

Dikatakannya, hampir 1/2 (seperdua) badan jalan di daerah pegunungan terjadi longsoran.

“Badan jalan yang lainnya juga sudah mulai retak dan apabila sebentar malam hujan maka semua badan jalan yang retak akan jatuh,”ungkapnya

Selain kondisi ini,  hampir sepanjang jalan sudah penuh dengan kubangan lumpur,  jalan semakin diperparah, dengan semakin banyaknya mobil truk yang bermuatan berat melewati jalur ini.

Truk yang melewati jalur ini, kemungkinan karena rusak parahnya kondisi jalan Nasional di Desa Paku Jaya dan Morosi, sehingga mereka mencari jalur alternatif dengan melewati jalur Meluhu – Belalo Konut.

“Dengan kondisi jalan rusak parah ini, kami liat tidak ada perhatian dari dua kabupaten, yakni Kabupaten Konawe, maupun Kabupaten Konawe Utara, padahal ini jalan nasional, lintas kabupaten ” terang Sukarman (run/ red)

Terkini