oleh

Hilang Kendali, Damri Terbalik Timpah Mobil Daihatsu di Jalur Kendari-Andoolo

ANDOOLO – Sebuah Bus Damri berwarna putih dengan Nomor Polisi DT 1194 UE terbalik di Jalan poros Kendari-Andoolo, tepatnya di Desa Anduna Kecamatan Laeya, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra), Minggu (7/10/2018) sekitar pukul 08.30 Wita. Bus yang dikemudikan Muh.Amir Japara ini terbalik karena hilang kendali saat melintas penanjankan, akibatnya Bus yang memuat sekitar 28 penumpang terbalik dan menimpa mobil Daihatsu Sigra warna silver dengan nomor polisi DT 1566 CH, yang dimudikan Muh. Hasan Al Jupri bersama tiga orang penumpangnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari kepolisian menyebutkan, awalnya mobil Bus Damri bergerak dari arah Kendari menuju Punggaluku dengan kecepatan sekitar 40 km/jam. Pada saat melintas di Desa Anduna dimana jalannya rusak parah dan mendaki, Bus tersebut mengalami mati mesin karna terlambat mengoper gigi persneling. Akibatnya, mobil bergerak mundur sekitar 10 meter ke jalan yang permukaannya tidak rata, kemudian terbalik di sebelah kiri dan menimpa mobil Daihatsu yang saat itu sedang sedang berhenti.

“Untungnya dalam insiden ini tidak ada korban jiwa, namun 2 penumpang mengalami luka ringan, yakni Waode Ati (54) yang merasakan sakit pada kepala bagian belakang, sakit pada pinggang kiri dan sakit pada paha sebelah kiri. Serta Sarif Arafa Ibrahim (8) yang juga merasakan sakit yang sama,” terang Kasat Lantas Polres Konsel, Iptu Izak.

Dilanjutkannya, untuk sopir bus dan penumpang lainnya tidak mengalami cedera begitu pun dengan penumpang mobil Daihatsu yang tertimpah. Setelah kejadian itu, seluruh penumpang langsung dialihkan ke damri lainnya yang kebetulan melintas untuk melanjutkan perjalanan menuju ke Pelabuhan Torobulu.

Izak untuk kondisi dua kendaraan yakni Bus Damri mengalami pecah kaca bagian depan dan kaca sebelah kiri bagian tengah. Untuk mobil Sigra juga mengalami pecah kaca bagian depan, kaca pintu depan sebelah kanan, ringsek pada kap depan bagian kanan, spion kanan patah.

“Kerugian materil akibat dari kejadian tersebut, diperkirakan sebesar tujuh juta rupiah, kedua kendaraan tersebut kini diamankan di Sat Lantas Polres Konsel untuk proses lebih lanjut,” tutupnya. (a)

Reporter: Erlin


Terkini