KESEHATAN

Hindari Lima Kebiasaan Tak Sehat Ini Saat Sahur dan Buka Puasa

1022
×

Hindari Lima Kebiasaan Tak Sehat Ini Saat Sahur dan Buka Puasa

Sebarkan artikel ini
ilustrasi

KENDARI – Saat Ramadan, seluruh umat Islam di dunia wajib melaksanakan ibadah puasa. Agar tetap prima, konsumsi makanan sehat yang tepat bisa jadi salah satu kunci ibadah lancar.

Meski begitu, ada sejumlah kebiasaan tak sehat yang tanpa kita sadari kerap dilakukan ketika sedang menjalankan ibadah puasa Ramadan. Kebiasan tersebut menjadi kesalahan yang tidak hanya berdampak kepada masalah ibadah saja. Kondisi kesehatan juga bisa terpengaruh.

Sejumlah kesalahan yang berdampak pada kesehatan ini kerap tak disadari. Namun, hal tersebut bisa membuat ibadah puasa yang dilakukan menjadi tidak lancar. Salah satunya adalah olahraga setelah berbuka puasa. Apabila hendak berolahraga, hendaknya dilakukan dua jam usai berbuka puasa.

Dilansir dari Boldsky, berikut sejumlah kebiasaan tak sehat yang rentan dilakukan pada saat menjalankan ibadah puasa Ramadan:

Minum Terlalu Banyak

Pada saat sahur, air merupakan sebuah hal yang sangat diperlukan tubuh. Namun, sebaiknya tidak minum air berlebihan saat sahur. Minum terlalu banyak air saat sahur justru bisa membuat sering buang air kecil.

Pasalnya, jam setelah sahur adalah jam alami tubuh mengeluarkan kotoran. Hal ini justru bisa membuat mengalami dehidrasi pada saat berpuasa.

Konsumsi Banyak Garam

Saat sahur, perhatikan dengan baik makanan yang dikonsumsi. Kurangi makanan tinggi garam sebab malah akan memicu rasa haus ketika puasa. Hal ini justru bisa berujung berbagai masalah kesehatan lain yang mungkin dialami.

Terlalu Banyak Makan Manis

Konsumsi makanan manis saat berbuka puasa memang penting untuk mengembalikan energi tubuh yang sempat hilang. Namun jangan mengonsumsinya terlalu banyak. Batasi konsumsi makanan manis agar tidak terjadi lonjakan gula darah secara tiba-tiba dan akhirnya malah akan membuat mengantuk.

Makan Tergesa-Gesa

Kondisi lapar yang dialami setelah berpuasa seharian terkadang membuat makan secara tergesa-gesa. Sayangnya, hal ini bisa memberi dampak buruk bagi kesehatan. Sehingga, sangat disarankan untuk makan secara perlahan.

Olahraga setelah Berbuka

Berpuasa bisa menyebabkan jam olahraga yang biasa dilakukan menjadi mundur. Salah satu pilihan adalah melakukan olahraga setelah berbuka. Jika ingin berolahraga, lakukan dua jam setelah berbuka puasa.

Jeda waktu ini perlu untuk memberi waktu bagi tubuh mencerna makanan agar perut tetap terasa nyaman ketika olahraga.

You cannot copy content of this page