oleh

Hingga September 2019, Antam Setor Rp 900 Miliar Lebih ke Kas Negara

Redaksi

KENDARI – Berdasarkan data yang dirilis PT Aneka Tambang (Antam), hingga September tahun 2019, total kontribusi perusaahaan tambang plat merah tersebut ke kas negara mencapai Rp 922,5 miliar.

Realisasi tersebut berasal dari jumlah Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Rp 449 miliar dan realisasi pembayaran pajak sebesar Rp 472 miliar.

Direktur Keuangan ANTAM, Dimas Wikan Pramudhito pihaknya ber komitmen untuk berkontribusi kepada negara untuk menciptakan nilai tambah, sebagai bentuk partisipasi dalam pertumbuhan ekonomi, peningkatkan pendapatan nasional, dan mendukung tercapainya tujuan stabilitas perekonomian.

“Apresiasi dari seluruh pemangku kepentingan perusahaan, merupakan refleksi atas pelaksanaan komitmen ANTAM dalam rangka pemenuhan kewajiban PNBP. PNBP diperhitungkan sebagai salah satu penerimaan negara dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) selain pajak,” kata Dimas Wikan mengutip laman antam.com, Kamis (28/11/2019).

Atas pencapaian tersebut, Antam meraih apresiasi dari Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (KemenESDM) di ajang Subroto Award sebagai salah satu pemberi PNBP terbesar di sektor Pertambangan pada 12 November 2019.

Selain itu, juga menjadi tiga nominasi dari Indonesian Mining Association (IMA) untuk kategori perusahaan dengan pembayar PNBP terbaik, pembayar PNBP terbesar dan pelaksana hilirisasi terintegrasi terbaik.

Dimas menuturkan, sebagai perusahaan pengelola sumber daya alam, Antam berkomitmen untuk mendistribusikan manfaat ekonomi baik secara langsung maupun tidak langsung kepada seluruh pemangku kepentingan.

Antam percaya kinerja operasional dan keuangan yang baik akan berbanding lurus dengan kontribusi Perusahaan. Sedangkan manfaat ekonomi tidak langsung, diwujudkan melalui pelaksanaan pembangunan berkelanjutan yang sesuai dengan Sustainable Development Goals (SDGs).

BACA JUGA :

Pada tahun 2018, selain PNBP, Antam turut berkontribusi melalui pajak, royalti, bea keluar, bea masuk, land rent dan deviden kepada negara dengan total tercatat sebesar Rp 1,17 triliun atau tumbuh 47 % dari tahun 2017.

Sedangkan pada 2018, kontribusi kepada masyarakat melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan tercatat sebesar Rp 258 miliar yang terdiri dari program community development, program kemitraan dan bina lingkungan.

Terkini