oleh

Hiwindo Kota Kendari Hadir untuk Bantu Wirausaha Muda 

-NEWS-19 dibaca

KOTA KENDARI – Himpunan wirausaha muda Indonesia (Hiwindo) yang akan dilaunching awal Januari 2022 merupakan organisasi baru yang bertujuan untuk menghimpun para wirausaha muda di Kota Kendari dengan berbagai jenis usaha dan berasal dari latarbelakang yang berbeda.

Berbeda dalam bentuk usaha masing –masing, berbeda etnis, berbeda agama yang disatukan melalui hiwindo dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika baik wirausaha pemula maupun wirausaha yang akan menjadi pengusaha.

Ketua Dewan Pengurus Besar (DPB) Hiwindo Kota Kendari Nukman mengatakan awal pendirian organisasi hiwindo sudah ada sejak dua tahun lalu, kemudian dalam empat bulan terakhir ini baru diintesifkan dan akan diresmikan tahun depan.

Pramuka

“Banyak dukungan dari teman – teman wirausaha di Kota Kendari agar saya membentuk satu wadah yang menghimpun wirausaha muda yang kemudian diberikan edukasi bagaimana berusaha yang baik sampai menjadi pengusaha,” ungkapnya.

Menurutnya di Kota Kendari banyak wirausaha muda tapi usahanya belum berbadan hukum sehingga menyulitkan untuk melakukan kerjasama dengan berbagai pihak salah satunya dengan pemerintah.

“Banyak UMKM belum bisa membangun kolaborasi dengan berbagai pihak, karena usahanya belum berbadan hukum, disitulah hiwindo masuk untuk meringankan urusan para wirausaha utamanya kategori pemula,” terangnya.

Dijelaskan Nukman visi misi hiwindo adalah terbentuknya kader-kader relegius, cerdas, berbakat dibidang wirausaha. “Alhamdulillah kalau dukungan warga kota sangat positif. Sampai saat ini anggota yang sudah terdata berjumlah 150 orang dengan berbagai jenis usaha,” ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang anggota hiwindo Ade Supriatna mengatakan dirinya baru dua bulan menjadi anggota hiwindo. Ditanya mengapa tidak ke organisasi lain, Ade yang juga pemilik usaha kitz pro mengatakan salah satu yang mendorong dirinya bergabung dengan hiwindo adalah visi- misi organisasi, kedua pemimpinya dianggap mampu merangkul anggota.

“Apakah mampu merangkul anggota, saya melihat banyak yang bisa jadi pemimpin tapi tidak semua mampu merangkul anggota. Saya diajak oleh bung Nukman, kemudian saya pelajari arah dan tujuan hiwindo ternyata fokus untuk wirausaha muda, saya melihat ini sebagai peluang untuk menciptakan kolaborasi dengan banyak wirausaha dan pengusaha,” tuturnya.

 

Penulis : Redaksi

Terkini