oleh

HN 2022, Alvin Ajak Anak Muda Bangga Terhadap Bahari Kepulauan Sultra

-NEWS-310 dibaca

KENDARI – Ketua Yayasan Sultra Raya Dua Ribu Dua Puluh yang juga Ketua Umum DPD KNPI Provinsi Sultra, Alvin Akawijaya Putra SH mengajak seluruh masyarakat Sultra khususnya kaum pemuda untuk bangga terhadap kekayaan bahari kepulauan yang ada di Bumi Anoa.

Hal itu diungkapkannya setelah ditetapkannya Provinsi Sultra tepatnya di Kabupaten Wakatobi sebagai lokasi peringatan Hari Nusantara (HN) Tahun 2022. Bahkan menurutnya, momentum tersebut sangat penting bagi daerah untuk mendapatkan perhatian pembangunan dari pemerintah pusat.
“Adanya peringatan Hari Nusantara Tahun 2022 yang berlokasi di Wakatobi, tentu memberikan kebahagiaan tersendiri bagi masyarakat Sultra khususnya yang berada di daerah peringatan tersebut, sebab pemerintah pusat langsung mengintervensi pembangunan jalan dan jaringan telekomunikasi. Semoga melalui intervensi ini, masalah signal dan jalan rusak bisa teratasi di Kabupaten Wakatobi,” tutur Badan Pemenangan Pemilu Partai Nasdem Sultra ini.
Direktur PT Maoge Lintas Perkasa ini mengakui, adanya HN yang jatuh setiap Tanggal 13 Desember melalui penetapan Keputusan Presiden Nomor 126 Tahun 2001, seolah sejalan dengan tekad Yayasan Sultra Raya Dua Ribu Dua Puluh dalam membangun peradaban bidang kelautan dan perikanan di Bumi Anoa, yakni melalui keberadaan Institut Teknologi Kelautan (ITK) Buton khususnya dalam pendidikan.
“Seperti yang disampaikan Ketua Pelaksana Pusat yakni Bapak Menko Luhut bahwa salah satu tujuan dari HN adalah bagaimana menjadikan bidang kelautan sebagai arus utama pembangunan nasional dan segala potensinya dapat diolah demi kesejahteraan masyarakat. Hal ini sejalan dengan tekad ITK Buton menjadi gerbong dalam mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) lokal yang handal, untuk menumbuh kembangkan sektor kelautan dan perikanan Sultra, yang selama ini belum termanfaatkan dengan baik dan maksimal,” tutur pria kelahiran Jakarta 18 Mei 1996 ini.
Sejalan hal tersebut, lanjut dia, sebagai pemuda Sultra yang mengharapkan kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, dirinya memberikan apresiasi tinggi terhadap kepercayaan pemerintah pusat kepada Pemerintah Provinsi Sultra sebagai tuan rumah penyelanggaraan HN Tahun 2022. Mengingat salah satu tujuan lain HN yakni bagaimana meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia sebagai bangsa bahari di Negara Kepulauan dan untuk mengimplementasikan model percepatan pembangunan lintas sektor yang terintegrasi di daerah.
“Salah satu model percepatan pembangunan lintas sektor yang terintegrasi tersebut dapat kita saksikan dalam proses persiapan HN ini, dimana jalan hingga jaringan komunikasi dipersiapkan oleh panitia pelaksana pusat sedangkan persiapan teknis lainnya oleh panitia pelaksana daerah, dalam hal ini Pemprov Sultra bersama kabupaten kotanya,” jelas lulusan Universitas Gajah Mada, Yogyakarta Program S1 Fakultas Hukum ini.
Untuk itu, dirinya pun mengajak seluruh lapisan masyarakat, utamanya para pemuda Sultra untuk mendukung penuh perhelatan nasional yang akan berlangsung di Kabupaten Wakatobi tersebut, dengan tetap menunjukan kekompakan, kebersamaan, dan turut serta menjadi bagian dalam menciptakan situasi yang kondusif dan aman.

Reporter : Rahmat R.