oleh

Hubungkan 4 Pulau, Dishub Sultra Bakal Bangun Pelabuhan Baru di Wakatobi

-FEATURED, Kendari-144 dibaca

KENDARI – Untuk mendukung wisata di Kabupaten Wakatobi, serta dapat terhubungnya empat Pulau utama. Maka Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) akan membangun pelabuban penyeberangan.

Kepala Bidang Kepelabuhanan Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Ary R Sujuthi mengatakan, tahun 2019 akan ada rencana pembangunan beberapa pelabuhan penyebrangan di Wakatobi.

“Yang baru ada pelabuhan penyeberangan di Wakatobi itu Pelabuhan Wanci-Kamaru, dan diupayakan di 2019 akan dibangun dibeberapa daerah,” ujar Ary di kantornya, Senin (15/1)

Dikatakan, untuk yang beroperasi sekarang yakni hanya Pelabuhan Torobulu- Tampo, Amolengo-Labuan, Kendari-Wawonii, Kamaru-Wanci. Untuk itu, pihaknya telah mengusulkan dari anggaran APBN untuk membangun pelabuhan penyeberangan di beberapa pulau di Wakatobi, agar terkonesi empat pulou yaitu Wanci, Kaledupa, Tomia, Binongko.

“Usulannya karena Wakatobi masuk di sepuluh besar destinasi wisata di Indonesia. Supaya lebih terkenal lagi harus di dukung dengan infrastuktur perhubungan, salah satunya itu pelabuhan penyebrangan,” bebernya.

Ary menuturkan, jika berdasarkan Permenhub Keputusan 901 Tahun 2016 tentang Tencana Induk Pelabuhan Nasional, maka kurang lebih sekitar 70 pelabuhan yang telah masuk dalam rencana pelabuhan nasional untuk di Sultra.

Ia menambahkan, dari 70 pelabuhan tersebut, statusnya terbagi dan ada yang masuk pelabuhan pengumpul. Pelabuhan pengumpul yang dimaksud seperti Pelabuhan Kendari, Bau Bau, Raha, Kolaka, Wanci. Sedangkan pelabuhan penumpang regional antara lain Lapuko, teluk Lapuko, Sukeli , Dana Bugi dan sisanya itu 60 pelabuhan penumpang lokal.

“Semoga rencana pembangunan pelabuhan penyeberangan yang diusulkan dapat terwujud agar bisa menopang roda perekonomian di Wakatobi,” pungkasnya.

Reporter: Waty
Editor: Kardin

Terkini