Hujan Dua Hari, Sungai Wanggu Kembali Meluap, Warga Kembali Mengungsi

KENDARI– Akibat hujan yang menguyur Kota Kendari selama dua hari, mengakibatkan Sungai Wanggu kembali meluap dan merendam puluhan rumah warga di Kelurahan Lepo Lepo, Kecamatan Baruga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) sejak, Selasa (3/07/2018) sekitar pukul 12.30 Wita.

Ketua taruna siaga bencana (Tagana) Sultra Alham mengatakan, air yang merendam rumah-rumah warga, sempat surut dan warga sudah di perbolehkan untuk kembali kerumahnya masing- masing untuk membersihkan. Warga dibantu Badan Sar Nasional (Basarnas), TNI, Polri dan pemerintahan terkait.

“Jadi air sempat surut selama dua hari dan warga sudah diperbolehkan untuk pulang di rumahnya masing-masing untuk membersikan sisa genangan banjir,” saat ditemui di kawasan sungai wanggu, pada Rabu (4/07/2018).

Lanjutnya, namun sejak pukul 12.30 wita kemarin, sungai kembali meluap akibat hujan yang terus menerus menguyur Kota Kendari hingga rumah warga kembali terendam.

“Ketinggian air mencapai 2,5 meter, sehingga warga kembali mengungsi ketenda-tenda darurat yang telah disiapkan,” ucapannya.

Menurutnya luapan air sungai wanggu masih akan tetap naik, melihat intensitas curah hujan di wilayah Sultra masih cukup tinggi.

“Kami masih terus berkoordinasi dengan BMKG terkait kondisi cuaca, hal itu bisa membantu dalam antisipasi titik rawan banjir di Sultra,” tuturnya.

Kami menghimbau untuk warga yang tinggal sekitaran Sungai Wanggu agar terus waspada karena sewaktu-waktu sungai meluap mengingat cuaca hujan masih cukup tinggi.

Reporter: Ruslan

Editor : Hendriansyah

Iklan dalam Berita Ana Wonua Distributor Oli Total