NEWS

HUT Konawe Selatan ke-19 Jadi Ajang Menampilkan Ragam Pakaian Adat

1674
×

HUT Konawe Selatan ke-19 Jadi Ajang Menampilkan Ragam Pakaian Adat

Sebarkan artikel ini

KONAWE SELATAN – Nuansa bertabur kebudayaan tampak di setiap sudut saat peringatan hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) yang diselenggarakan dipelataran kantor bupati Konsel, Kamis 12 Mei 2022.

Ragam pakaian adat Nusantara digunakan para pejabat lingkup pemkab konsel dan Forum komunikasi Daerah (Forkompinda). Dari pantauan Mediakendari.com jenis pakain adat yang dominan dipakai para tamu undangan adalah pakain adat tolaki

Bupati Konsel, H Surunuddin yang bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) menggunakan baju adat tolaki. Begitu juga komandan upacara, Kasat Polisi Pamong Praja (Pol-PP), Armunanto memakai pakaian adat tolaki warna merah bermotif keemasan.

Baca Juga : BKKBN Sultra Beberkan Penyebab Stunting, Begini Pemicunya

Berbeda dari bupati, Wakil Bupati, Rasyid terlihat menggunakan pakain adat jawa berwarna hitam dan memakai blankon.

Dikesempatan itu, Surunuddin mengatakan diusia konsel yang menganjak dewasa ini yang dicita-citakan para tokoh pendiri dan pemerintah saat ini dapat terwujud dengan baik.

Menurut Surunuddin, HUT konsel tahun ini sangat istimewa sebab perayaannya bertepatan dengan hari raya idul fitri.
“Semoga dengan keistimewaan ini pemkab konsel dapat lebih maju dan hebat, pembangunan dari berbgai sektor dapat berjalan dengan baik,” harapnya.

sementara itu, Kadis Kominfo dan Sandi Konsel, Hidayatullah mengatakan upacara perayaan HUT Konsel tahun ini dirangkaiankan dengan Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

Baca Juga : Lagi, Polsek Konda Kembali Amankan Remaja Pembawa Sajam di Konsel

“Jadi di perayaan hut kali ini kami juga mengundang para tokoh-tokoh pemekaran kabupaten konsel,” kata Hidayatullah.

Pada acara tersebut, lanjut dia, dihadapan tamu undangan dan peserta upacara dibacakan sejarah singkat terbentuknya kabupaten konsel.

“Selain pembacaan sejarah singkat terbentuknya kabupaten konsel, di akhir acara juga diumumkan hasil lomba desa tingkat kecamatan, dan penampilan kelompok musik bambu dari pelajar sekolah dasar,” bebernya.

Laporan : Erlin

You cannot copy content of this page