oleh

HUT Konut ke-15 Akan Dimeriahkan dengan Festival Budaya Nusantara

-NEWS-200 dibaca

KENDARI – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) kabupaten Konawe Utara (Konut) ke -15 bakal dimeriahkan dengan festival budaya nusantara.

Sekda Konut, M. Kasim Pagala mengatakan sebanyak 46 paguyuban yang ada di Sulawesi Tenggara akan mengikuti upacara, setelah upacara HUT Konut dilanjutkan pagelaran festival budaya. Setelah pagelaran festival budaya dilanjutkan dengan deklarasi damai.

“Semua paguyuban akan membuat deklarasi damai tentang masaalah budaya yang menggagas deklarasi damai budaya ini adalah teman-teman dari paguyuban nusantara,” kata Sekda kepada Media Kendari. Com, Selasa 28 Desember 2021.

Kemudian pada malam harinya saat pelaksanaan ramah tamah paguyuban nusantara ini akan menampilkan beberapa kesenian daerah. Seperti paguyuban Yogyakarta akan menampilkan wayang golek, lalu dari Ikatan Wanita Sulawesi Selatan (IWSS) akan menampilkan kesenian tradisional.

Lebih lanjut dikatakan, berdasarkan hasil koordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri, Dirjen Otonomi Daerah akan menjadi inspektur upacara (irup) pada upacara HUT Konut ke-15, selain itu akan dihadiri Gubernur Sultra.

Terkait dengan optimalisasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Konut, Bupati akan memberikan hadiah melalui undian dengan hadiah pertama berupa satu unit motor, hadiah kedua kulkas, sepeda, HP dan berbagai hadiah lainnya yang akan diundi pada hari HUT Konut.

Ditanya festival tidak dilaksanakan di Labengki, sekda menjelaskan karena kondisi pandemi maka kita tidak adakan festival budaya di Labengki, sehingga kita laksanakan festival budaya lokalan di Konut.

Begitu juga festival budaya konasara, untuk sementara dipending karena alasan pandemi. “Jadi kita tetap jaga protokol kesehatan apalagi ada satu virus baru yang namanaya omicron,” ungkapnya.

Di tempat terpisah, Kapolres Konut,AKBP Achmad Fathul Ulum, S.I.K mengatakan khusus peringatan HUT Polres Konut tidak ada kegiatan karena kondisi pandemi.

“Kami tidak ada kegiatan yang ada hanya syukuran itupun dirangkaikan dengan syukuran HUT Konut yang ke-15,” kata kapolres.

Sedangkan untuk pengamanan HUT Konut ke-15, kapolres mengatakan berdasarkan hasil rapat ada dua agenda yang akan dijalankan yaitu pengamanan malam pergantian tahun dan pelaksanaan upacara HUT Konawe yang dilanjutkan dengan syukuran dan malam ramah tamah.

 

Penulis : Redaksi

Terkini