oleh

IAIN dan SMA 4 Kendari Juara Pertama Lomba PCTA

KENDARI – Ajang  lomba Parade Cinta Tanah Air (PCTA) tingkat SLTA dan Perguruan Tinggi yang diselenggarakan Perwakilan Kementerian Pertahanan Wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) bertempat di Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari telah selesai. IAIN dan SMAN 4 Kendari akhirnya menjadi juara pertama dalam lomba tersebut.

Juara pertama dalam lomba PCTA tingkat kampus yakni Fadiyah Aulamisra dan Taufik Hidayat dari Fakultas FEBI IAIN, sedangkan tingkat SMA dimenangkan dari SMAN 4 Kendari yakni Wilda Ramadhani dan Ardiana AR.

Kepala Perwakilan Kementerian Pertahanan RI wilayah Sultra, Kolonel Inf Tri Setyo Subagyo, mengatakan, yang mendapat juara pertama dalam lomba PCTA nanti akan mewakili Sultra dalam perlombaan tingkat nasional yang rencananya dilaksanakan di Bandung Jawa Barat, mulai 17 sampai dengan 21 September 2018 mendatang.

“Jadi bisa dipastikan yang mendapat juara pertama lomba akan mewakili Sultra di perlombaan tingkat nasional PCTA yang akan diadakan di Bandung pada September nantinya,” ucapnya saat ditemui di IAIN usai perlombaan pada Rabu (8/8/2018).

Lanjutnya, lomba PCTA merupakan salah satu program Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI yang dilaksanakan perwakilan Kemhan di daerah untuk mensosialisasikan, sekaligus menyampaikan pesan pembentukan karakter bangsa kepada generasi muda di daerah.

“Kegiatan lomba PCTA bertujuan membentuk karakter generasi muda untuk mencegah penyalahgunaan narkoba, serta memupuk rasa cinta tanah air kepada para mahasiswa dan para pelajar SLTA sederajat,” jelasnya.

“Lomba PCTA ini dilaksanakan secara serentak di 34 provinsi setiap tahunnya, bertujuan untuk pembentukan karakter generasi bangsa. Terutama untuk memperkokoh ketahanan bangsa dalam  menghadapi ancaman militer maupun non militer,” ungkapnya saat dikonfirmasi.

Kepala SMAN 4  Kendari, Ruslan terkait keberhasilan siswanya mendapat juara pertama dalam lomba PCTA, mengaku sangat bangga dan senang serta mengapresiasi kegiatan yang telah diselenggarakan Kementerian Pertahanan melalui perwakilan Kemhan di Sultra itu.

“Saya sangat apresiasi kegiatan lomba seperti ini, kalau perlu dilaksanakan sampai ke tingkat SMP juga, tidak hanya di tingkat SLTA dan Perguruan Tinggi saja tapi sampai ke tingkat SMP,” ungkapnya.

“Kerena kegiatan seperti ini sangat baik bagi pembentukan karakter para siswa dalam menumbuhkan rasa cinta kepada tanah air,” tambahnya.

Ruslan mengatakan, apa yang telah diraih siswanya sebagai juara pertama dalam lomba PCTA merupakan bagian dari usaha yang telah dilakukan selama ini, termasuk bimbingan para guru PKN yang relevan dengan kegiatan PCTA tersebut.

Untuk diketahui, dewan juri dalam lomba PCTA yakni Mayor Inf Butu Selfinus Tangkelangi (Kasdim 1417/Kendari), Minrayati dari BNNP Sultra dan Otrisman Nalani dari Dinas Pariwisata Provinsi Sultra. (b)


Reporter : Ruslan
Editor : Hendriansyah

Terkini