oleh

Ikatan Alumni SMK Negeri 4 Kendari Resmi Terbentuk

KENDARI – Keinginan untuk merekomendasikan perlunya pembentukan ikatan alumni Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Kendari telah menggaung sejak beberapa kali kegiatan reuni. Akhirnya, pada kegiatan sosial yakni pengumpulan dana pembangunan masjid sekolah, Minggu (14/10/2018) Ikatan Alumni (IKA) SMKN 4 Kendari resmi terbentuk, dengan memilih Mursalin sebagai Ketua IKA.

Musrsalin terpilih secara aklamasi setelah La Liusu yang diusul angkatan 1999 dan Thamrin yang diusul angkatan 2017 tidak bersedia mencalonkan diri. Pada forum yang dipimpin oleh Julhan Sifadi angkatan tahun 2002, Andi Idha, dan Kusman angkatan 1999, merekomendasikan tiga poin kepada ketua terpilih untuk segera ditindaklanjuti.

Point pertama, membentuk struktur organisasi IKA SMKN 4 Kendari. Kedua, memproses legalitas IKA antara lain akte notaris, anggaran dasar, anggaran rumah tangga, dan aturan lainnya. Point rekomendasi ketiga adalah menyusun program kerja IKA.

“Kita berharap pada IKA SMKN 4 Kendari yang terbentuk ini dapat memberi manfaat bagi masyarakat baik sekolah, maupun para calon alumni kelak. Misal dalam hal serapan tenaga kerja, karena tidak sedikit para alumni ini berwiraswasta dan memiliki usaha sendiri. Sehingga para siswa-siswi di SMKN 4 Kendari yang merupakan tenaga siap pakai bisa terserap dilingkungan kita sendiri,” kata Julhan Sifadi.

Andhi Idha juga menambahkan, bahwa program-program jangka pendek seperti perampungan data base Alumni bisa segera direalisasikan dan akan terus di update.

“Dengan begitu keberadaan para alumni bisa termonitor dengan baik. Sehingga kedepan bisa kita digelar sharing knowladge antara Alumni, Sekolah, dan calon alumni. Kita ketahui bersama bahwa tantangan terbesar yang dihadapi bangsa ini adalah lapangan kerja dan SMKN 4 Kendari merupakan sekolah keterampilan. Artinya, seharusnya lulusan dari sini tidak ada pengangguran lagi,” kata Andi Indha.

Sementara itu, Kusman yang juga menjadi salah satu pimpinan forum pembentukan IKA SMKN 4 mengatakan banyak hal positif yang bisa dilakukan kedepan bukan saja sebatas kegiatan-kegiatan seremonial.

“Namun demikian yang tidak kalah penting saat ini adalah meletakkan pondasi dasar IKA sebagaimana rekondasi pada point kedua. Ini penting sebagai dasar hukum dalam setiap pengambilan keputusan, ini langkah awal yang baik yang harus kita dukung bersama,” paparnya.

Pasca terpilihnya sebagai ketua Ikatan Alumni, Mursalin langsung menggelar rapat koordinasi bersama jajaran pimpinan sekolah pada Senin (15/10).”Dalam waktu dekat kita akan segera merampungkan struktur agar bisa melaksanakan point-point rekomendasi berikutnya termasuk menyusun program kerja IKA. Karena saya tidak mungkin mampu berjalan sendiri tanpa struktur. Olehnya itu saya perlu masukan-masukkan dari semua pihak termasum yang tidak kalah penting adalah jajaran pimpinan sekolah,” kata Mursalin


Redaksi


Terkini