NEWS

Ini Alasan Pemkab Konut Tidak Pulangkan Tujuh Mahasiswa di China

1038
×

Ini Alasan Pemkab Konut Tidak Pulangkan Tujuh Mahasiswa di China

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konut, Lapeha
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konut, Lapeha

Reporter: Mumun
Editor : Kang Upi

WANGGUDU – Pemerintah Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) hanya memulangkan tiga mahasiswa kedokteran dari China, akibat merebaknya virus corona di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Sementara itu, tujuh mahasiswa lainnya yang menempuh pendidikan di Fakultas Kedokteran Chifeng University Inner Mongolia, China, masih di negara tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konut, Lapeha menjelaskan, ketujuh mahasiswa tersebut tidak dipulangkan karena tempat tinggal dan kampus mereka dinggap aman dari virus Corona.

Menurutnya juga, hingga saat ini kondisi ketujuh mahasiswa tersebut masih dalam keadaan baik-baik saja. Sehingga langkah pemulangan mereka ke tanah air belum dilakukan.

“Mereka masih sehat di sana, makanya kita tidak pulangkan. Tempatnya mereka itu jauh dari kota yang saat ini diserang virus Corona. Itu alasan kenapa mereka tidak kita pulangkan,” katanya, Selasa 4 Februari 2020.

Lapeha menuturkan, kondisi itu berbeda dengan tiga mahasiswa yang terpaksa dipulangkan. Sebab, tempat tinggal dan kampus mereka di Kota Wuhan yang notabene pusat virus mematikan tersebut.

“Alhamdulillah, yang tiga orang ini sudah ada sama orang tua mereka masing-masing. Mereka pulang tanpa dikarantina. Ini adalah upaya Pemda Konut melindungi anak-anak kita,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, pihaknya terus berkomunikasi intensif dengan ketujuh mahasiswa yang masih di China, untuk mengetahui dan memantau jika saja tempat tinggal dan kampus sudah tidak aman.

“Kalau di sana tidak aman lagi, kita akan pulangkan. Makanya setiap saat kita komunikasi terus tanyakan gimana kondisi dan kabar mereka. Semalam kita masih komunikasi. Stok makanan aman. Intinya kita selalu siap mengambil langkah cepat untuk memulangkan mereka,” tutup Lapeha.

Untuk informasi, berdasarkan perkiraan jarak yang dihitung dari pengukuran googlemap. Jarak antara Distrik Chingfeng, di Kota Mongolia Dalam (Inner Mongolia) tempat dimana mahasiswa tersebut tinggal, ke Distrik Wuhan, Kota Hubei, yaitu berjarak 1.569,3 Kilometer.

You cannot copy content of this page