oleh

Ini Daftar Perlombaan MTQ di Buteng

LAKUDO – Bupati Buton Tengah (Buteng) buka Festival pemuliaan kitab suci umat islam (Al-Quran) atau Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke IV. Berlokasi di lapangan Tangkalawa, Kecamatan Lakudo, pada Senin (05/02/2018).

Bupati Buteng, Samahuddin dalam sambutanya menjelaskan, pelaksanaan kegiatan MTQ merupakan agenda rutin Pemerintah Pusat maupun Daerah di seluruh wilayah Republik Indonesia.

“Di Buteng MTQ merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun dalam rangka menjaring para qori dan qori’ah yang selanjutnya akan mengikuti MTQ di tingkat provinsi,” jelasnya.

Samahuddin tidak lupa mengajak seluruh umat Islam yang berada di Buteng agar cinta pada nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Quran.

“Mari kita selalu menghidupkan perasaan cinta kepada nilai-nilai dan hikmah yang terkandung dalam Al-Quran. Selanjutnya apabila kita telah memulai membangun kecintaan kita kepada Al-Quran, maka kita dapat wujudkan melalui semboyan, tiada hari tanpa bacaan Al-Quran,” papar Samahuddin.

“saya juga berpesan kepada qori’ dan qori’ah yang akan berlomba untuk dapat mencurahkan semua kemampuan yang dimiliki, karena para juara yang dihasilkan dari pelaksanaan MTQ ke IV tingkat Kabupaten ini, selanjutnya akan dikirim untuk mewakili Buteng pada pelaksanaan MTQ ke XXVII tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara di Buton Utara,” sambungnya.

Tempat yang sama, Kepala Kantor Agama Buteng, Mansyur menerangkan, latar belakang terselenggararanya MTQ ke IV adalah bagaimana memasyarakatkan Al-Quran.

“Latar belakang, masyarakat mampu memberi secercah harapan memasyarakatkan Al-Quran. Diharapkan Islam yang hampir punah dapat bangkit kembali, harapan kita tidak hanya sekedar seremonial, semangat persatuan umat Islam dan bagaimana menanamkan kembali nilai-nilai Islam, serta aktualisasi ajaran Islam,” jelasnya.

Untuk diketahui cabang yang akan di perlombakan oleh para kontingen adalah Cabang tilawa, Hifz Al-Quran, Tafsir Al-Quran, Fahmil Al-Quran, Syarh Al-Qura, Khath Al-Quran dan Cabang Musabaqah Makalah Al-Quran.

Reporter: Dzabur
Editor: Kardin

Terkini