NEWS

Ini Manfaat Melakukan Sensus Penduduk

685
×

Ini Manfaat Melakukan Sensus Penduduk

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Sensus Penduduk

Reporter : Ardilan

BAUBAU – Kepala Badan Pusat Statistik Kota Baubau, Sudirman K mengungkapkan, ada manfaat bagi warga yang sudah sensus penduduk, yaitu sumbangsih data yang bisa menjadi dasar pembangunan dan daya tampung suatu daerah.

“Manfaatnya begini, masyarakat itu kan obyek dan subyek pembangunan. Apapun yang dilakukan pasti untuk kesejahteraan penduduk. Pembangunan tidak akan bisa berjalan kalau kita tidak mengetahui jumlah penduduknya,” Sudirman K pada MEDIAKENDARI.com, Senin 17 Februari 2020.

Untuk manfaat lainnya, yakni mengetahui daya tampung suatu daerah, sehingga Pemerintah Daerah bisa merencanakan untuk pembangunan berdasarkan data tersebut.

“Apa yang kita mau bangun? Perlu kah kita membangun satu sekolah lagi di Sorawolio misalnya. Itu salah satu tujuan utamanya. Termasuk daya tampung suatu daerahnya kita bisa lihat,” beber Sudirman K.

Kata Sudirman, untuk Kota Baubau pihaknya ditarget dapat melakukan sensus online 51 % dari jumlah keseluruhan penduduk di daerah itu. Dia menyebut, data yang ada di BPS, penduduk Kota Baubau berjumlah sekitar 171.000 penduduk.

“51 persen itu sekitar 80 ribu penduduk. Kalau sensus on line ini siapa pun boleh. Tapi pasti lah belum tamat SD itu belum bisa sensus online. Kami sudah melakukan sosialisasi hampir disemua Sekolah Menengah Atas (SMA) supaya bisa membantu orang tuanya. Karena satu orang bisa untuk mewakili satu keluarga,” paparnya.

Meski begitu, jika sensus online tidak dapat mencapai target pihaknya bakal melakukan sensus secara offline. Rencananya pihak BPS akan menyiapkan 170 orang tenaga untuk melakukan sensus off line.

“Tapi bisa berkurang kalau sensus onlinenya lancar. Kita akan merekrut secara terbuka untuk tenaga sensus offline. Intinya dapat menggunakan smart phone dan jaringan internet. Karena di Kota Baubau ini nanti untuk sensus harus semua menggunakan internet,” imbuhnya.

Ia berharap warga Baubau dapat mengikuti sensus penduduk on line secara maksimal. “Ini kita pergunakan untuk memperbaiki data kependudukan kita. Data yang keluar ini akan sangat akurat karena kita sendiri yang mengisinya,” tukasnya.

You cannot copy content of this page