oleh

Ini Program Utama Siska Karina Adriatma, Pasca Dilantik Sebagai Ketua Dekranasda Kota Kendari

-FEATURED, Kendari-9 dibaca

KENDARI – Pasca dilantik sebagai Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Kendari dengan masa bakti 2017-2022, Siska Karina Adriatma, membeberkan beberapa program prioritasnya dalam rangka mengembangkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang berbasis ekonomi kreatif Kota Kendari.

Siska mengatakan, Ekonomi kreatif sebagai salah satu sektor yang sangat strategis dalam pembangunan Kota Kendari, maka salah satu program unggulan kedepannya yaitu akan memasarkan hasil-hasil kerajinan tangan dari Kota Kendari tidak hanya di wilayah Sultra, akan tetapi sampai pada level Nasional maupun Internasional.

“Kedepannya kami fokus mengembangkan UMKM dan hasil-hasil kerajinan Kota Kendari,” ucap Siska usai dilantik menjadi Ketua Dekranasda Kota Kendari, di Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur Sultra, Senin (27/11).

Siska juga menyampaikan, UMKM yang ada di Kota Kendari masih perlu pengembangan serta perhatian khusus, terutama Sumber Daya Manusia (SDM) pembuat tenun di Kota Kendari yang masih sangat kurang. Sehingga untuk mengembangkan, dia akan mengadakan beberapa kegiatan pelatihan.

“Harus ada pelatihan, jika produk kerajinan tangan ingin dikembangkan, sedikit banyaknya bisa menjadi penghasilan bagi masyarakat, dan perekonomian semakin meningkat,” ujarnya.

Ia berjanji, akan memberikan akses pasar dan kesempatan lebih banyak bagi Usaha Kecil Menengah Kota Kendari untuk mengikuti event Pameran Nasional maupun Mancanegara.

“Untuk itu, kepada para anggota Dekranasda dapat meningkatkan usaha, selalu berinovasi dan melakukan pengembangan desain produk agar tak kalah bersaing dengan kabupaten lainnya,” pungkasnya.

Reporter: La Niati
Editor: Kardin

Terkini