NEWS

Ink Rencana Prioritas Pembangunan Pemkot Kendari Tahun 2024

1378
×

Ink Rencana Prioritas Pembangunan Pemkot Kendari Tahun 2024

Sebarkan artikel ini
Pj Walikota Kendari Asmawa Tosepu

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM- Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari beberkan lima isu-isu strategis yang menjadi fokus Pemkot pada tahun 2024 mendatang.

Penjabat Walikota Kendari, Asmawa Tosepu mengatakan isu strategis tersebut adalah penyediaan infrastruktur perkotaan perumahan dan pemukiman, pengembangan sumber daya manusia kebudayaan dan pariwisata, peningkatan daya saing ekonomi kualitas lingkungan adaptasi perubahan iklim dan pengurangan risiko bencana, pembinaan ideologi tata kelola kependudukan dan reformasi birokrasi, serta optimalisasi pendapatan asli daerah.

“Menjawab isu strategis tersebut maka pemkot merencanakan prioritas pembangunan tahun 2024 yaitu, peningkatan daya saing ekonomi, pengendalian inflasi dan penanggulangan kemiskinan, peningkatan kualitas sumber daya manusia, peningkatan kualitas lingkungan hidup dan penguatan sistem ketangguhan kota, peningkatan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang efisien dan peningkatan keamanan ketertiban umum serta pencegahan konflik sosial,” bebernya.

Kepala Biro Umum Kementerian Dalam Negeri ini juga mengatakan untuk mendapatkan dokumen RKPD tahun 2024 yang berkualitas, terintegrasi dan responsif menurutnya dibutuhkan jalinan sinergitas dan kolaborasi seluruh stakeholder di daerah.

“Baik melalui langkah-langkah inovasi maupun melalui perluasan jejaring pembangunan lintas sektor sehingga dengan demikian penyelenggaraan pembangunan pada tahun 2004 nanti akan lebih terarah terukur,” jelasnya.

Dia juga menambahkan, RKPD Kota Kendari tahun 2024 mengusung tema, akselerasi pembangunan infrastruktur dan daya saing ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

“Tema tersebut selaras dengan rencana kerja pemerintah nasional tahun 2024 yang berfokus pada mempercepat transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, serta tema rencana kerja Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2004,” ungkapnya.

Dalam program jangka panjang Pemerintah Kota Kendari juga telah berkomitmen untuk menjadikan Kota Kendari sebagai role model pengelolaan perkotaan berkelanjutan yang berperan sebagai hub konektivitas regional Sulawesi dengan pemerintah pusat melalui Bappenas dan bantuan dari JICA.

Sementara itu Kepala Bappeda Kota Kendari Cornelius Padang menjelaskan, output atau hasil yang diharapkan dari pelaksanaan musrenbang RKPD ini adalah tersusunnya rancangan rencana kerja pemerintah daerah kota Kendari tahun perencanaan 2024 Itu

“Kita akan melakukan penyelarasan prioritas atau tema pembangunan Kota Kendari tahun 2024 dengan tema atau prioritas pembangunan Provinsi Sulawesi Tenggara serta tema atau prioritas pembangunan nasional tahun 2024,” katanya.

“Yang kedua menyepakati usulan prioritas pembangunan yang telah tertuang dalam rancangan awal RKPD Kota Kendari serta penjelasan dengan arah kebijakan yang telah diamanahkan dalam rencana pembangunan daerah,” pungkasnya.

Reporter: Dila Aidzin

You cannot copy content of this page