BAUBAU

Inovasi Layanan, Disdukcapil Baubau Adopsi Model Pelayanan di Bank

208
×

Inovasi Layanan, Disdukcapil Baubau Adopsi Model Pelayanan di Bank

Sebarkan artikel ini
Kepala Disdukcapil Kota Baubau, Arif Basari

Reporter: Ardilan

BAUBAU – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Baubau bakal mengadopsi model pelayanan di bank sebagai inovasi perubahan layanan di instansi tersebut.

Kepala Disdukcapil Kota Baubau, Arif Basari menuturkan gagasan mengadopsi standar pelayanan seperti bank ini akan diterapkan sebagai model pelayanan terbaru di instansinya di tahun 2020.

“Kita mau mencontoh standar pelayanan yang ada di bank-bank. Tapi, kedepan kita inovasi dulu ruangannya. Karena Kantor baru itu lebih representatif, ada loket, ruang tunggu,” kata Arif Basari, Jum’at 21 Februari 2020.

Arif mengaku, kantor baru Disdukcapil di wilayah Kecamatan Betoambari belum bisa digunakan, karena Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) baru selesai melakukan pemeriksaan.

“Jadi, Juli ini baru kita mulai persiapkan segala sesuatunya. Sehingga, kita perkirakan Agustus atau September sudah bisa berkantor disana,” kata Arif.

Menurutnya, gedung kantor baru Disdukcapil masih dalam masa pemeliharaan selama enam bulan kedepan. Sehingga, pelayanan kepada masyarakat untuk sementara tetap di kantor lama.

Arif menjelaskan, kedepan ada dua hal penting yang harus segera dilengkapi di kantor baru Disdukcapil Baubau yakni listrik dan jaringan internet. Sebab, pelayanan Disdukcapi telah berbasis on line.

“Kalau belum ada listrik dan internet maka mau tidak mau kita tetap melayani pembuatan 23 jenis akta kependudukan di kantor lama,” imbuhnya.

You cannot copy content of this page