oleh

Inovasi Layanan Pelanggan Dimasa Pandemi, Gramedia Kendari Jual Buku Secara Daring

Reporter: Ferito Julyadi / Editor: Kang Upi

KENDARI – Penyebaran pandemi coronavirus desease 2019 (covid-19) berdampak pada penurunan penjualan buku di Gramedia Kendari, yang berada di Lippo Plaza Kendari.

“Penyebaran covid-19 berdampak pada penjualan kami, karena jumlah pengunjung kami alami penurunan,” terang Sales Superintendent Gramedia Kendari, Waode Neli Sulistiawati di ruang kerjanya, Kamis 20 Agustus 2020.

Akibat wabah tersebut, kata Neli, penjualan buku di Gramedia Kendari bahkan turun hingga 42 persen. Penurunan penjualan itu dimulai sejak April 2020, dimasa puncak penyebaran pandemi.

“Lippo Plaza sempat tutup, kemudian Mei 2020 baru buka kembali dan kami beroperasi kembali, tapi penjualan tidak langsung membaik. Kami menyadari masyarakat masih takut untuk keluar rumah,” terangnya.

Waode Neli menjelaskan, di tahun sebelumnya momen ajaran baru yang terjadi setiap Juli – Agustus biasanya menjadi puncak penjualan alat tulis, buku tulis dan peralatan sekolah.

Namun akibat pandemi, penjualan kebutuhan sekolah di Gramedia Kendari dimomen ajaran baru pada Juli 2020, masih minim akibat masyarakat masih takut keluar rumah.

“Sejak awal 2020 kami sudah menyediaan buku dan alat peralatan sekolah, tapi adanya wabah membuat penjualan minim. Terlebih lagi jam operasional Lippo Plaza diubah, mulai pukul 12.00 – 20.00 Wita,” jelasnya.

Untuk itu, terang Leni, agar terus bisa melayani kebutuhan buku dan perlengkapan sekolah bagi masyarakat dan pelanggan, pihaknya melakukan inovasi penjualan.

Inovasi tersebut dengan membuka layanan pembelian buku dan perlengkapan sekolah secara daring atau online. Sehingga masyarakat tidak perlu datang ke Gramedia Kendari.

“Masyarakat bisa belanja buku dan produk Gramedia lainnya secara online. Jadi tidak perlu meninggalkan rumah, pembeliannya cukup melalui WhatsApp dan Instagram kami,” ungkap Waode Neli.

Bagi masyarakat Kendari yang ingin membeli buku secara daring bisa menghubungi kontak WhatsApp (WA) resmi Gramedia Kendari di nomor 0811 461 082, dan instagram di @gramediakendari.

“Masyarkat juga bisa melakukan pemesanan melalui aplikasi Gramedia Go, yang bisa didownload di playstore dan app store. Dari aplikasi itu, bukan hanya buku yang ada di Gramedia Kendari saja yang bisa di pesan, tetapi dari Gramedia se Indonesia,” pungkasnya.

Terkini