Gubernur Sulawesi Tenggara beserta rombongan, saat mengunjungi Perpustakaan Umum, Boston Public Library , yang terletak di pusat Kota Boston, Massachusetts, Amerika Serikat, Minggu, (13/10/2019). Foto : Ist

Ali Mazi di Amerika, Kagumi Arsitektur dan Sistem Pelayanan Perpustakaan Boston

Reporter : M. Ardiansyah R.

Editor : La Ode Adnan Irham

KENDARI – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) beserta rombongan, mengunjungi langsung Perpustakaan Umum, Boston Public Library  (BPL), yang terletak di pusat Kota Boston, Massachusetts, Amerika Serikat, Minggu (13/10/2019).

Perpustakaan Umum Boston (BPL) salah satu perpustakaan umum yang besar dan tertua di Amerika, berdiri sejak tahun 1848, hingga saat ini BPL telah memiliki koleksi 24 juta volume dan sumber pustaka digital elektronik, hingga memposisikan BPL sebagai Perpustakaan Umum terbesar ke tiga di Amerika Serikat.

Rombongan berkesempatan mengunjungi seluruh bagian perpustakaan, mulai dari sistem pelayanan buku, data base, ruang baca terbuka dalam perpustakaan, konstruksi dan arsitektural hingga pelayanan publik lainnya seperti cafeteria dan restaurant di perpustakaan.

“Luar biasa, sistem perpustakaannya telah memiliki sejarah panjang dengan sistem pelayanan yang relatif lengkap” ucap Gubernur Aliazi melalui rilis Dinas Kominfo Sultra, Senin (14/10/2019).

Kata Ali Mazi, memang minat baca yang tinggi serta gaya hidup modern yang setiap saat membutuhkan informasi, menjadi faktor pendorong kebutuhan masyarakat terhadap perpustakaan.

“Coba lihat, meskipun hari minggu, dimana sebagian besar warga berlibur, tapi pengunjung perpustakaan tetap ramai dengan pelayanan pustakawan yang juga selalu siap”, Katanya, di sela-sela kunjungan.

Hal lain yang dikagumi Gubernur mulai dari arsitektural dan pemeliharaan bangunan.  Informasi historis dari perkembangan sejarah daerah, serta pelakunya terekam baik dalam perpustakaan.

Baca Juga:

Gubernur juga berkesempatan menyaksikan langsung penggunaan ruang terbuka baik di tengah bangunan maupun di depan gedung perpustakaan, yang bisa dijadikan pusat kegiatan masyarakat.

Sebagai bahan bagi pengembangan Perpustakaan Daerah Sultra, yang kini dalam pengembangan, Gubernur menekankan aspek-aspek penguatan sistem pelayanan yang terintegrasi antar semua lain pelayanan, kelengkapan pelayanan yang melayani seluruh kelompok umur seperti remaja dan anak-anak, dan penggunaan ruang yang nyaman.

Dengan mengintegrasikan ruang terbuka perpustakaan yang setiap saat bisa digunakan sebagai pusat kegiatan dan interaksi masyarakat. (C)

Iklan BPKAD
Iklan BLUD Konawe