Iklan PDI-P

Ilustrasi

Pemerintah AS Diperingatkan agar Penerapan Tarif Tak Rugikan Industri Dirgantara AS

Petinggi pabrik pesawat Boeing dan kelompok dagang Aerospace Industries Association (AIA) hari Rabu (15/5) mendesak pemerintah Amerika agar hati-hati jangan sampai tiap tarif yang hendak dikenakan pada Uni Eropa akhirnya merugikan industri kedirgantaraan Amerika.

Iklan PT Luwu

Amerika dan Uni Eropa saling ancam mengenakan miliaran dolar tarif atas pesawat terbang, traktor dan makanan. Kedua pihak sudah hampir 15 tahun bertikai mengenai subsidi pemerintah Amerika kepada paberik pesawat Boeing dan subsidi Uni Eropa kepada paberik pesawat Airbus, saingan Boeing.

Theodore Austell dari Boeing mengatakan, pihaknya mendukung 100% dikenakan tarif atas produk Airbus yang diimpor Amerika untuk memaksa Uni Eropa mematuhi temuan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Tetapi, katanya, tarif itu dibatasi hanya untuk sayap, ekor dan badan pesawat (fuselage) dari Perancis, Jerman, Spanyol dan Inggris. Mengenakan tarif pada seperti barang untuk bagian bawah pesawat atau bagian lain bisa menimbulkan kerugian lebih luas pada matarantai suplai ke industri Aerospace Amerika.

Mengenakan tarif lebih lanjut pada barang aerospace yang diimpor dari Uni Eropa hanya akan memperparah dan semakin merongrong daya saing industri aerospace Amerika di dunia.

Airbus telah menanam modal sekitar satu miliar dolar di Amerika menciptakan lebih dari 700 lapangan kerja dan membuat lebih dari 21 perusahaan aerospace lain banyak di antaranya dari Eropa membuka bisnis di Amerika. Dalam pertikaian itu, Airbus diduga akan mengemukakan investasi dan lapangan kerja yang diciptakan di Amerika bisa terancam jika Amerika tetap saja akan mengenakan tarif pada impornya dari Uni Eropa. [al]

Iklan Lapas konawe

Iklan Damri
error: Content is protected !!