Seorang pekerja menyusun kardus-kardus pisang Chiquita yang baru dipanen untuk kemudian dieskspor, dari sebuah perkebunan di Ciudad Hidalgo, negara bagian Chiapas, Meksiko, 31 Mei 2019.

Trump Prediksi Kongres Setujui Kesepakatan Dagang Baru AS-Kanada-Meksiko

Amerika – Presiden Amerika Donald Trump, Kamis (20/6/2019), memperkirakan Kongres akan menyetujui perjanjian perdagangan baru dengan Meksiko dan Kanada. Dia juga mengakui tahun politik pemilu 2020 bisa menghambat persetujuannya.

Sebagian anggota fraksi Demokrat di DPR telah dengan tegas menolak meratifikasi perjanjian untuk menggantikan Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara yang dicapai pada 1994. Penolakan tersebut antara lain seputar masalah penetapan harga obat dan kekhawatiran serikat buruh Amerika tentang sejauh mana Meksiko akan menegakkan persyaratan yang lebih baik serta upah yang lebih tinggi untuk pekerja di negaranya.

Namun, Trump mengatakan, dia berpendapat Ketua DPR Nancy Pelosi dan DPR secara keseluruhan. “Akan menyetujui perjanjian itu, dan Senat (yang dikuasai Republik) akan menyetujuinya dengan cepat, perjanjian itu akan sangat bipartisan,”katanya.

Trump dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau membahas kesepakatan perdagangan itu sehari setelah Senat Meksiko dengan suara 114 banding 4, menyetujui pakta itu. Kanada belum meratifikasinya.

Dalam komentar di Twitter, Trump mengucapkan selamat kepada Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador atas keputusan itu, dan mengatakan “Saatnya bagi Kongres di sini untuk melakukan hal yang sama,”tutupnya[ka]

error: Content is protected !!