NEWS

Jadi Calon Penerima Satyalancana Pembangunan, Setmilpres Verifikasi Gubernur Sultra

606
×

Jadi Calon Penerima Satyalancana Pembangunan, Setmilpres Verifikasi Gubernur Sultra

Sebarkan artikel ini

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), H. Ali Mazi menerima kunjungan Tim dari Sekretariat Militer Presiden (Setmilpres) dalam kegiatan verifikasi penghargaan Satyalancana pembangunan di Aula Merah Putih Rumah Jabatan (Rujab), (Jumat, 5 Mei 2023)

Verifkasi ini dilaksanakan setelah Gubernur Sultra Ali Mazi dicalonkan sebagai salah satu calon penerima penghargaan Satyalancana Pembangunan, yang nantinya akan diserahkan langsung Presiden RI Joko Widodo.

Ketua Tim Verifikasi Setmilpres, Irjen Pol Adang Ginanjar menyampaikan bahwa verifikasi lapangan atas usulan dari pada Kementerian, khususnya usulan Satyalancana pembangunan untuk Bapak Gubernur Sultra dalam rangka penyelenggaraan pena satya nelayan ke-16 tahun 2023.

Menurutnya, verifikasi ini adalah untuk menggali data dan fakta dilapangan terkait dengan uraian jasa calon penerima tanda kehormatan sebagai bahan laporan Setmilpres selaku Sekretariat Dewan GTK, kepada Ketua GTK Bapak Menteri Polhukam Mahmud MD.

”Kemudian anggota GTK ada 8 (delapan) orang yaitu TNI Polri, devisi dan lainnya, tujuan agar Dewan GTK memberikan informasi yang akurat sehingga dapat memberikan pertimbangan kepada Presiden berkaitan dengan Satyalancana pembangunan atau bidang karya yang dimasiang-masing daerah,” papar Adang.

Sekretariat Militer Presiden Kemensetneg menyampaikan, Gubernur Sultra diusulkan untuk mendapatkan penghargaan dari Presiden atas usulan Menteri Pertanian dalam rangkaian hari Pekan Nasional (Penas) pada Juni lalu di Provinsi Sumatera Barat.

”Sebagaimana rangkaian proses penyelesaian usulan maka kami akan peninjauan verifikasi lapangan dalam hal ini memberikan penjelasan terkait pengajuan usulan Gelar Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan (GTK),” ujar Adang.

Adapun dasar yang digunakan dalam proses penyelesaian usulan ini adalah Undang-Undang (UUD) Nomor 20 Tahun 2009, Peraturan Pemerintah (PP) No 1 Tahun 2010, Permensesneg No 5 Tahun 2020 disini dijelaskan Sekretaris Militer dalam hal ini, melaksanakan tugas selaku sekretaris dewan GTK, sehingga secara operasional diterbitkan adalah surat edaran Dewan GTK No 1 Tahun 2022 tentang tata cara pengajuan usul GTK.

“Kami disini melaksanakan tugas dari perpanjangan tangan sehingga anggota Dewan GTK yang terdiri dari 7 orang, yaitu Ketua Menteri Polhukam Prof. Dr.Mahfud MD, Wakil Ketua merangkap anggota Jenderal TNI Dr. H. Moeldoko, bersama dengan TNI Agus Suhartono, kemudian anggota terdiri dari Dr. Noer Hassan Wirajuda, Prof. Dr. Meutia Farida Hatta Swasono, Dr. Anhar Gonggong, satu lagi anggota berpulang tahun 2022 sudah Almarhum Prof. H. Azyumardi Azra dan saat ini menganti beliau masih kami ajukan nama kepada Presiden,” jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Sultra Ali Mazi berterima kasih dan penghargaan kepada Kementerian Pertanian atas kepercayaan diberikan kepada kami sebagai kandidat penghargaan Satyalancana pembangunan tahun 2023.

Dijelaskannya, bagi pemerintah provinsi dan masyarakat sultra ini merupakan sebuah kehormatan dan merupakan momen yang sangat penting dalam mengapresiasiasi, kontribusi dan bekerja keras pelaku pembangunan di daerah kami khusus bidang pertanian.

Pada sesi verifikasi ini, Ali Mazi memaparkan pembangunan pertanian, dimana Pemprov Sultra telah menetapkan visi pembangunan daerah 2018-2023 yaitu terwujudnya Sultra yang aman, maju, sejahterah dan bermartabat.

”Visi ini didaulatkan dalam ada 4 (emat) misi agenda utama dimana misi kedua yaitu memajukan daya saing wilayah melalui penguatan ekonomi lokal dan peningkatan investasi dengan sasaran utama adalah peningkatan produktifitas dan nilai tambah sektor ungulan daerah salah satunya adalah sektor pertanian yang berperan penting dalam menjaga kedaulatan pangan,” terang Ali Mazi.

Politisi Nasdem ini juga menjelaskan, Sultra memiliki potensi lahan pertanian yang cukup luas, sambungnya, untuk itu pengembangan sektor pertanian melalui program diversifikasi pangan dan intensifikasi pertanian.

Namun untuk hal ini perlu terus didorong dan dikembangkan demi peningkatan produksi pendapatan dan kesejahteraan petani/peternak, serta membangun ketahanan pangan dan ekonomi daerah Sulawesi Tenggara secara berkelanjutan, untuk mendukung ketahanan pangan dan pertumbuhan ekonomi nasional.

Dalam rangkaian verifikasi ini, Gubernur Sultra bersama tim verifikasi setmilpres mengunjungi lokasi kawasan Inseminasi Buatan (IB) ternak sapi Desa Morome Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan Provinsi Sultra.

Selain itu, turut dikunjungi juga Desa Cialam Jaya Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan dalam peningkatan indeks pertanahan padi oleh tim verifikasi penghargaan Satyakencana pembangunan dari Kementerian.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Tim Verifikasi Irjen Pol. Adang Ginanjar beserta Rombongan, Sesmil TNI AL Laksda TNI Hersan,Kepala Biro Umum, Sekretariat Militer Presiden, Kemensetneg, Plh. Sekda Provinsi Sultra.

Hadir juga Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan,Kepala Dinas Perkebunan dan Holtikultura, Kepala Dinas Perekonomian, Kepala Dinas Kominfo,Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kepala Biro Umum, Kepala Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan sejumlah Pejabat eselon 3 lingkup DISTANAK Prov. Sultra dan vertikal.

You cannot copy content of this page